ANALISIS KEPUTUSAN PEMBELIAN SECARA ONLINE PADA MARKETPLACE BATIK PEKALONGAN
Abstract
Pertumbuhan usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Pekalongan saat ini masih perlu untuk ditingkatkan, Oleh karena itu perlu suatu cara atau metode tertentu untuk memperbaikinya bagaimana mereka dapat menjual produknya dengan baik. Upaya yang harus dilakukan saat ini diantaranya adalah dengan menggunakan melalui media digital dengan penerapannya secara online. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menganalisa keputusan pembelian secara online pada marketplace Batik pekalongan. Dengan sampel berjumlah 96 responden. Data diperoleh dengan pembagian kuesioner kepada pengrajin dan konsumen batik pekalongan . Hasil analisis menunjukan bahwa 1). Produk mempengaruhi keputusan pembelian secara online pada marketplace batik pekalongan dengan kualitas dan corak atau motif batik yang beraneka ragam. 2). Variabel terendah dalam penelitian ini adalah harga dengan keterjangkauan di masyarakat yang akan mempengaruhi konsumen untuk melakukan keputusan pembelian secara online pada marketplace batik pekalongan