ANALISIS KEPUTUSAN PEMBELIAN SECARA ONLINE PADA MARKETPLACE BATIK PEKALONGAN

  • Heny Herawati Fakultas Ekonomi Universitas Islam As-Syafi'iyah
  • Ristanto Ristanto Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam As Syafiiah
Keywords: Produk, Harga, Keputusan pembelian

Abstract

Pertumbuhan usaha Mikro, Kecil dan Menengah  di Pekalongan saat ini masih perlu untuk ditingkatkan, Oleh karena itu perlu  suatu cara atau metode tertentu untuk memperbaikinya bagaimana  mereka dapat menjual produknya dengan baik. Upaya yang harus  dilakukan saat ini diantaranya adalah dengan menggunakan melalui media digital dengan penerapannya secara online. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menganalisa keputusan pembelian secara online pada marketplace Batik pekalongan. Dengan sampel berjumlah 96 responden. Data diperoleh dengan pembagian kuesioner  kepada pengrajin dan konsumen batik pekalongan . Hasil analisis menunjukan bahwa 1). Produk mempengaruhi keputusan pembelian secara online pada marketplace batik pekalongan dengan kualitas dan corak atau motif batik yang beraneka ragam. 2). Variabel terendah dalam penelitian ini adalah harga dengan keterjangkauan di masyarakat yang akan mempengaruhi konsumen untuk melakukan keputusan pembelian secara online pada marketplace batik pekalongan

Published
2022-01-25