ANALISA KEPUTUSAN PENGGUNAAN LAYANAN KESEHATAN ONLINE PADA APLIKASI KLIKDOKTER

  • Heny Herawati Fakultas Ekonomi Universitas Islam As-Syafi'iyah
Keywords: Promosi, Kemudahan Penggunaan, dan Keputusan Penggunaan

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa “ Keputusan  Penggunaan Layanan Kesehatan pada Aplikasi KlikDokter ”. Populasi dalam penelitian adalah pengguna layanan kesehatan pada aplikasi klik dokter yang tidak diketahui jumlahnya dan yang menjadi sampel dengan menggunakan rumus lameslow  adalah  berjumlah 100 responden. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji instrumen  uji kelayakan model (uji F) dan uji hipotesis (uji T). Berdasarkan hasil penelitian uji t secara parsial maka variabel promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan penggunaan karena 5,766 > 1,984 dengan taraf signifikansi uji t 0,000 < 0,05 dan kemudahan penggunaan dapat disimpulkan berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan penggunaan pada Aplikasi KlikDokter karena 3,805 > 1,984 dengan taraf signifikansi uji t 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil uji F dimana 66,475 > 3,99 Ftabel dengan taraf signifikansi uji F 0,000 < 0,05 maka disimpulkan bahwa secara simultan promosi dan kemudahan penggunaan berpengaruh terhadap keputusan penggunaan pada Aplikasi KlikDokter.

Published
2023-06-15