PERSEPSI PEGAWAI TERHADAP IKU ORGANISASI (STUDI KASUS PADA BADAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KEUANGAN)

  • Nurul Ibnu Hidayat Politeknik Keuangan Negara STAN
Keywords: Persepsi Pegawai;, IKU Organisasi;, Manajemen Kinerja

Abstract

Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK) selalu mencapai target kinerja organisasi dari tahun ke tahun. Kondisi ini menyebabkan beberapa hal perlu diwaspadai oleh organisasi untuk beradaptasi dengan perubahan lingkungan, termasuk lingkungan internal seperti persepsi pegawai dalam memaknai IKU organisasi. Hal ini penting untuk mengungkapkan bagaimana pegawai melihat, menilai, dan merasakan kinerja organisasi yang dapat mempengaruhi motivasi, komitmen, loyalitas, kepuasan kerja, dan produktivitas pegawai. Studi ini bertujuan untuk melihat deskripsi mengenai persepsi pegawai terhadap kinerja organisasi. Data persepsi pegawai terhadap kinerja organisasi disajikan dalam kuesioner dengan menggunakan skala Likert. Data tersebut diturunkan ke dalam sub-indikator berupa persepsi peta strategi, Indikator Kinerja Utama (IKU) organisasi, dan Indikator Kinerja Individu (IKI) pegawai. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa pegawai BPPK memiliki persepsi yang baik terhadap peta strategi, IKU organisasi, dan IKI pegawai. Poin-poin persepsi pegawai menjadi informasi penting untuk merumuskan strategi BPPK yang terkait dengan pelaksanaan manajemen kinerja. Dengan menggunakan analisis matriks SWOT dan TOWS, didapat sepuluh rekomendasi strategi yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan efektivitas pelaksanaan manajemen kinerja.

Published
2024-01-19