PERAN SERTIFIKASI HALAL TERHADAP MINAT BELI KEMBALI DENGAN MEDIASI KEPERCAYAAN

  • Nanang Apriliyanto universitas Selamat Sri
  • Bonita Prabasari Universitas Semarang
Keywords: Repurchase Interest, Trust, Halal Certification

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan mengidentifikasi hubungan sertifikasi halal terhadap minat beli kembali dengan mediasi kepercayaan pada konsumen di restoran luar negeri. Penelitian ini diharapkan menjadi referensi bagi restoran dan usaha kuliner makanan tingkat menengah untuk dapat diterapkan agar konsumen memiliki minat datang kembali ketempat usaha mereka. Penelitian ini berbentuk kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatori. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 200 responden dengan sumber data primer yang disebarkan melalui googleform secara online. Teknik analisis data yang digunakan adalah SEM dengan perangkat lunak SmartPLS. Penelitian ini mendapatkan hasil bahwa sertifikasi halal mampu menujukkan kontribusi secara positif dan signifikan terhadap kepercayaaan dan minat beli kembali. Sedangkan kepercayaan sendiri mampu menunjukkan kontribusinya secara positif dan signifikan terhadap minat beli kembali. Serta, kepercayaan mampu menjadi variabel mediasi pengaruh sertifikasi halal terhadap minat beli kembali.

Kata kunci: Minat Beli Kembali, Kepercayaan, Sertifikasi Halal

Published
2024-07-12