GAMBARAN PERSENTASE BIAYA PROMOSI TERHADAP PERTUMBUHAN PENJUALAN PADA PT INDUSTRI JAMU DAN FARMASI SIDO MUNCUL TBK. TAHUN 2019 - 2023

Indonesia

  • Awfa Permata Saragih Universitas Bina Sarana Informatika
  • Dian Amellya Alezsandra Universitas Bina Sarana Informatika
  • Yuni Sulistyowati Universitas Bina Sarana Informatika
  • Zahra Mufidah Universitas Bina Sarana Informatika
  • Angestika Wilandari Universitas Bina Sarana Informatika
Keywords: Percentage Overview, Promotion Costs, Sales Growth

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan hasil analisa dengan melakukan evaluasi tentang besarnya perkembangan biaya promosi terhadap pertumbuhan penjualan pada PT Sido Muncul. Dengan menggunakan jenis data sekunder yang melibatkan berbagai sumber seperti mengumpulkan data yang diambil dari data laporan keuangan PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk. Data sekunder ini digunakan guna menganalisis laporan keuangan  secara menyeluruh tanpa harus melakukan survei atau wawancara. Dibuktikan dari pengolahan data menggunakan aplikasi Microsoft Excel. Hasil yang diperoleh dari perhitungan dalam pembahasan maka didapatkan hasil adanya fluktuasi pada pertumbuhan penjualan. Dapat dilihat dari hasil perhitungan pada tahun 2019-2021 mengalami kenaikan pada biaya promosi dan  iklan pada penjualan sebesar Rp 359.460,00. Namun, pada tahun 2022-2023 terjadi penurunan pada pertumbuhan penjualan meskipun pada tahun 2022 biaya promosi mengalami kenaikan dan menjadi tahun tertinggi biaya promosinya. Sehingga dapat disimpulkan ada hubungan antara biaya promosi dan iklan terhadap pertumbuhan penjualan meskipun sempat terjadi fluktuasi, namun naik turunnya biaya promosi dan juga penjualan masih beriringan. Sebaiknya PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk. dapat menganalisis efektivitas dari berbagai jenis promosi yang digunakan, khususnya pada tahun 2022-2023 yang terus mengalami penurunan pada penjualannya, memperhatikan faktor internal dan eksternal juga penting untuk keberlangsungan perusahaan.

Author Biographies

Awfa Permata Saragih, Universitas Bina Sarana Informatika

Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bina Sarana Informatika

Dian Amellya Alezsandra, Universitas Bina Sarana Informatika

Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bina Sarana Informatika

Yuni Sulistyowati, Universitas Bina Sarana Informatika

Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bina Sarana Informatika

Zahra Mufidah, Universitas Bina Sarana Informatika

Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bina Sarana Informatika

Angestika Wilandari, Universitas Bina Sarana Informatika

Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bina Sarana Informatika

Published
2024-07-27