ANALISIS PENGARUH KEPUASAN KONSUMEN PADA PEMBAYARAN MENGGUNAKAN E-WALLET DI BANJARMASIN
Abstract
Perkembangan teknologi dan informasi telah memberi dampak ke berbagai bidang, tak terkecuali di bidang sistem pembayaran, khususnya sistem pembayaran ritel dengan munculnya instrumen pembayaran yang dikenal sebagai electronic wallet (e-wallet). Penggunaan e-wallet sebagai alternatif alat pembayaran non-tunai di beberapa negara menunjukkan adanya potensi yang cukup besar sebagai alternatif penggunaan uang tunai. Untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen saat melakukan pembayaran menggunakan e-wallet seluruh mahasiswa di banjarmasin. Metode yang digunakan menggunakan analisis regresi berganda. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan convenience sampling dan diperoleh 50 sampel data. Hasil dari uji regresi linier berganda menunjukkan variabel persepsi kemudahan dan keamanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan e- wallet, sedangkan fitur layanan tidak berpengaruh signifikan terhadap penggunaan e-wallet. Temuan dari hasil penelitian ini menunjukkan kemudahan dan kepraktisan serta keamanan dalam aplikasi e-wallet mendorong penggunanya dalam menggunakan e-wallet.