PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Kasus Pada Susu Dancow Balita )

  • Heny Herawati Universitas Islam As-Syafi'iyah
Keywords: Bauran Pemasaran, Keputusan Pembelian Konsumen.

Abstract

Penelitian ini berjudul “ Pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian susu
Dancow Balita”, bertujuan untuk mengetahui baik secara parsial maupun secara simultan
pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian susu Dancow Balita. Metode
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian penjelasan (explanatory
research). Jenis dan sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data
sekunder yang didapat berupa dokumentasi waktu penelitian, dokumen perusahaan, sejarah
perusahaan dan data sekunder lainnya. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner.
Populasi di penelitian ini adalah pembeli susu Dancow di Giant Pondok Gede sebanyak 71 orang
dan sampel yang digunakan sebanyak 61 orang Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu
dengan analisis data deskriptif, analisis regresi linier berganda, pengujian hipotesis dengan
analisis uji F (simultan), dan uji t (parsial).. Berdasarkan hasil yang di dapat dalam penelitian ini
dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan terhadap keputusan
pembelian susu Dancow dengan t hitung sebesar 3,747 dengan nilai signifikasi sebesar 0,00. Harga
berpengaruh positf dan signfikan terhadap keputusan pembelian susu Dancow dengan t hitung 3,448
dan nilai signifikansi 0,01. rDancow dengan t hitung 3,081 dan nilai signifikansi 0,03. Promosi
berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian susu Dancow dengan t hitung
3,146 dengan nilai signifikansi 0,03. Bauran pemasaran secara bersama-sama berpengaruh positif
dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen susu Dancow dengan nilai f hitung
117,333 dengan nilai signifikansi 0,00. Koefesien determinasi R 2 sebesar 0,893 dapat diartikan
89,3% keputusan pembelian susu Dancow dipengaruhi oleh produk, harga, distribusi dan
promosi, sedangkan sisanya sebesar 10,7 % dipengaruhi oleh faktor lain.

Published
2018-12-01