ANALISIS PENGARUH PELAYANAN DAN CITA RASA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI RUMAH MAKAN BEBEK KALEYO JATIWARINGIN

  • Muhamad Ridwan Universitas Islam As-Syafi'iyah
  • Adika Rahman Universitas Islam As-Syafi'iyah
Keywords: Pelayanan, Cita rasa, Kepuasan Konsumen, Rumah Makan Bebek Kaleyo Jatiwaringin

Abstract

Pada penelitian ini penyusun mengambil judul Pelayanan dan Cita Rasa Terhadap Kepuasan
Konsumen, dengan menyebar kuisoner kepada 80 responden secara acak dengan metode analisis
data yang menggunakan regresi dan korelasi sederhana, berganda, uji T dan uji F.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan pengetahuan berdasarkan data dan fakta yang
sahih atau valid, benar dan dapat dipercaya seberapa jauh hubungan antara Pelayanan dengan Cita
Rasa Terhadap Kepuasan Konsumen di Rumah Makan Bebek Kaleyo, Jatiwaringin. Setelah
dilakukan pengumpulan dan pengolahan data hasil survey yang diperoleh persamaan regresi
berganda : Y= 20,181 + 0,253X 1 + 0,284X 2 , dan dapat diketahui: Nilai a = 12,770, artinya apabila
tidak dilakukan faktor Pelayanan (X 1 ) dan Cita Rasa (X 2 ) maka Kepuasan Konsumen sebesar
20,181. Nilai b 1 = 0,253 artinya setiap perubahan Pelayanan (X 1 ) senilai 1 satuan akan
meningkatkan Kepuasan Konsumen sebanyak 0,253 bila Cita rasa (X 2 ) konstan dan niali b 2 =
0,259, artinya setiap perubahan Cita rasa (X 2 ) senilai 1 satuan akan meningkatkan Kepuasan
Konsumen sebanyak 0,284 bila Pelayanan (X 1 ) konstan. Dari hasil perhitungan koefisien korelasi
berganda r = 0,723, yang menunjukan adanya hubungan yang cukup kuat dan positif. Dengan
diperolehnya kd (r 2 ) = 29,2%, dapat dinyatakan bahwa Pelayanan dan Cita rasa dengan Kepuasan
Konsumen adalah 29,2%, sedangkan sisanya 70,8% dipengaruhi faktor–faktor lain dalam bauran
pemasaran. Berdasarkan uji F, Ha diterima dan Ho ditolak karena F hitung = 15,163 > F tabel = 2,72
artinya terdapat hubungan antara Pelayanan (X 1 ) dan Cita rasa (X 2 ) terhadap Kepuasan Konsumen
(Y).Dengan nilai kd maupun kontribusi yang diberikan Pelayanan dan Cita rasa terhadap
Kepuasan Konsumen menunjukkan bahwa ketetapan yang dilakukan Rumah Bebek Kaleyo
Jatiwaringin cukup baik, tetapi masih banyak faktor atau variabel lain yang tidak dimasukkan
dalam penelitian ini perlu dilakukan penelitian lebih lanjut oleh peneliti lain. Hal ini dikarenakan
adanya kepuasan konsumen disebabkan oleh banyak faktor dalam bauran pemasaran.

Published
2018-12-01