PENGARUH TARIF ANGKUTAN DAN BRAND IMAGE TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN GRABBIKE PADA PERUSAHAAN GRAB INDONESIA

  • Ahmad Sukatmajaya Universitas Islam As-Syafi'iyah
  • Tjipto Setiawan Universitas Islam As-Syafi'iyah
Keywords: Tarif Angkutan, Brand Image, dan Loyalitas Pelanggan.

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat membawa perubahan pada
kehidupan manusia, khususnya dalam bidang sarana transportasi. Grab Indonesia bertekat untuk
menjadi perusahaan berbasis online nomor satu di Indonesia. Tarif angkutan dan Brand Image
merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi loyalitas pelanggan Grabbike. Tujuan
penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh tarif angkutan dan brand image baik secaraparsial
maupun simultan terhadap loyalitas pelanggan Grabbike pada perusahaan Grab Indonesia.
Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif kausal dengan menggunakan pendekatan kuantitatif.
Analisis data kualitatif yang digunakan melalui perhitungan statistik yaitu: Uji Instrumen (Uji
Validitas dan Realibilitas), Uji Statistik (Uji T Parsial, Uji F Simultan, Uji Normalitas, Uji
Linearitas, Uji Regresi Linear Berganda),dan Uji Asumsi Klasik (Uji Heteroskedastisitas dan
Multikolinearitas).Hasil penelitian menemukan bahwa: hasil uji t secara parsial (X1 terhadap Y)
menunjukkan hasil yang positif dengan nilai koefisien 0,110 sedangkan hasil uji t secara parsial
(X2 terhadap Y) menunjukkan hasil yang positif dengan nilai koefisien 0,136. Hasil analisis uji
F secara simultan terdapat hasil dengan nilai signifikan sebesar 0,187 > 0,05 yang artinya variabel
tarif angkutan dan brand image secara bersama-sama tidak berpengaruh signifikan terhadap
loyalitas pelanggan. Diantara variabel bebas (X1 dan X2) ditemukanvariabel yang paling
dominan terhadap loyalitas pelanggan (Y), yaitu variabel tarif angkutan (X1). Hal tersebut
dibuktikan dengan kontribusi dari variabel tersebut merupakan yang paling positif terhadap
loyalitas pelanggan.

Published
2019-09-01