HUBUNGAN KADAR HEMOGLOBIN DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA DI SMA ISLAM AS-SYAFI’IYAH 02 PONDOK GEDE
Abstract
Remaja merupakan generasi yang paling berpengaruh dalam mewujudkan cita-cita suatu
bangsa, di Indonesia jumlah remaja laki-laki 50,9% dan perempuan 49,1% Menurut data dari
World Health Organization (WHO) bahwa 5,5 milyar penduduk dunia, dan ± 2 milyar terkena
anemia. Di Indonesia prevalensi anemia masih cukup tinggi, penderita anemia pada remaja sebesar
26,50%. Kadar hemoglobin yang rendah (anemia) dapat berdampak pada menurunnya produktivitas
kerja ataupun kemampuan akademis di sekolah, karena tidak adanya gairah belajar dan
konsentrasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kadar hemoglobin dengan
prestasi belajar pada siswa SMA As-Syafi’iyah 02 Pondok Gede. Metode Penelitian ini
menggunakan deskritif korelatif dengan pendekatan Cross Sectional Metode pengambilan sampel
adalah teknik pengambilan data dengan Purposive Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 123
orang. Hasil Penelitian Siswa yang prestasi belajarnya rendah 63 siswa dan yang memiliki nilai
prestasi belajar tinggi 60 siswa. sedangkan 64 siswa yang memiliki kadar Hb rendah dan 59 siswa
tinggi. Dari hasil analisis menggunakan teknik chi-square didapatkan nilai p = 0.009 (p < 0.05).
Kesimpulan: terdapat hubungan antara variabel kadar hemoglobin dengan prestasi belajar di SMA
Islam As-Syafi’iyah 02 Pondok Gede. Saran Bagi sekolah untuk melakukan pengecekan kadar
Hb setiap bulan sekali, karena Hemoglobin mempengaruhi prestasi belajar siswa disekolah.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).