HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK PRASEKOLAH (3-6 TAHUN) DI RAUDATUL ATFAL (RA) AL MUTTAQIN JATI BENING BARU TAHUN 2016

  • Imelda Pujiharti Universitas Islam As-Syafi'iyah
  • Mathilda Reza Handayani Universitas Islam As-Syafi'iyah
Keywords: kecerdasan emosional, pola asuh, prasekolah (3-6 tahun)

Abstract

anak dalam perkembangannya ditentukan oleh perkembangan psikologis yang termasuk
perasaan kasih sayang serta hubungan anak dengan orang tua atau orang disekelilingnya, jika
kebutuhan kasih sayang terpenuhi dengan baik maka perkembangan psikososialnya akan meningkat
dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pola asuh yang diterapkan orang
tua, mengetahui gambaran kecerdasan emosional anak dan mengetahui hubungan antara pola asuh
orang tua dengan kecerdasan emosi anak usia prasekolah. Metode penelitian deskriptif korelatif
dengan pendekatan cross sectional. Subjek penelitian adalah orang tua yang memiliki anak prasekolah
dan menempuh pendidikan di RA Al Muttaqin. Jumlah populasi 120, Sampel didapat menggunakan
teknik simple random sampling dengan jumlah 92 responden. Analisis yang digunakan univariat dan
bivariat menggunakan rumus chi-square dengan nilai α = 5%. Hasil penelitian dengan uji chi-square
didapatkan hasil sebesar 6,359 dengan nilai 2tabel = 3,841artinya 2hitung > 2tabel yang berarti tolak Ho dan
Terima H1. Kesimpulan terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua dengan
kecerdasan emosional anak prasekolah (3-6 tahun). Saran Setelah diketahui adanya hubungan antara
pola asuh orang tua dengan kecerdasan emosional anak prasekolah diharapkan orangtua dapat
menerapkan pola asuh yang sesuai kepada anak dan guru disarankan membantu untuk mengenalkan
pendidikan karakter agar dapat membantu meningkatkan kecerdasan emosional anak sejak dini

Published
2016-11-02