HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG ASUHAN PERKEMBANGAN DENGAN SIKAP PERAWAT DALAM MERAWAT BAYI PREMATUR DI RUMAH SAKIT DR. CHASBULLAH ABDULMADJID KOTA BEKASI.

  • Anita Rahmawati Universitas Islam As-Syafi'iyah
  • imelda pujiharti universitas Islam As-syafi'iyah
Keywords: Asuhan Perkembangan, Pengetahuan, Perawat, Sikap

Abstract

Pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan sangat tergantung pada kondisi kesehatan ibu. Dalam perawatan pada bayi prematur dibutuhkan asuhan perkembangan dimana dapat mendukung perkembangan neurologis dan sensorik pada bayi prematur. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan tingkat pengetahuan tentang asuhan perkembangan dengan sikap perawat dalam merawat bayi prematur di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi. Metode Penelitian: Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan desain korelasional dengan pendekatan Cross-sectional. Penelitian ini dilakukan diruang perinatologi RSUD CAM. Populasi dalam penelitian sebanyak 30 responden dan tehnik pengambilan sampel yaitu total sampling. Analisa data yang digunakan analisis univariat dan analisis bivariat dengan menggunakan uji Chi-Square. Hasil Penelitian: menunjukan sebagian besar perawat memiliki tingkat pengetahuan baik sebanyak 22 (73,3%) responden. sebagian besar perawat memiliki sikap baik sebanyak 20 (66,7%) responden. Hasil analisis bivariat menunjukan bahwa ada hubungan tingkat pengetahuan tentang asuhan perkembangan dengan sikap perawat dalam merawat bayi prematur dengan nilai p value 0,007. Simpulan: Ada hubungan signifikan pengetahuan asuhan perkembangan dengan sikap perawat dalam merawat bayi prematur di RSUD CAM. Saran: Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi mengenai Asuhan Perkembangan dalam merawat bayi prematur bagi perawat sehingga dapat menjadi masukan dalam upaya meningkatkan kesehatan bayi dan menurunkan angka bayi prematur.

Published
2023-06-19