HUBUNGAN KOPING STRES DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA MAHASISWA S1 KEPERAWATAN DI FAKULTAS ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS ISLAM AS-SYAFI’IYAH
Abstract
Koping stres merupakan suatu proses yang dinamis individu mengubah secara konstan pikiran dan perilaku mereka dalam merespon perubahan-perubahan dalam penilaian terhadap kondisi stres dan tuntutan-tuntutan, World Health Organization mencatat 27% di Asia tenggara yang mempunyai kasus stres terbanyak, dan dapat meningkatkan resiko kematian hingga 43%. Tujuan Penelitan ini untuk menganalisis hubungan koping stres terhadap motivasi belajar. Metode Penelitian deskriptif kuantitatif dengan cross sectional (potong lintang). Jumlah populasi 200 responden. Sampel yang dipilih sebanyak 133 responden. Pengumpulan data menggunakan Kuesioner selanjutnya dianalisis menggunakan Chi-Square. Hasil Penelitian koping stres sebanyak 71 responden (53.4%) mendapatkan koping stress yang baik, 62 responden (46.6%) mendapatkan koping stres yang buruk, dan 72 mahasiswa (54.1%) mendapatkan motivasi belajar tinggi, 61 mahasiswa (45.9%) mendapatkan motivasi belajar yang rendah, hasil Penelitian dari Chi-Square didapatkan bahwa nilai Asymp. Sig. (2-sided) : 0.003 nilai ini lebih besar a=5% maka hipotesis H1 diterima dan H0 ditolak. Kesimpulan terdapat hubungan koping stres dengan motivasi belajar pada mahasiswa S1 Keperawatan Di Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Islam As-Syaf’iyah dengan nilai 0,003 terdapat kategori rendah. Ini menunjukan tingkat hubungan koping stress dengan motivasi belajar yang rendah. Saran diharapkan pada peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian dengan variabel lain yang dapat mempengaruhi motivasi belajar contohnya kemampuan belajar, kondisi lingkungan dan unsur-unsur dinamis belajar.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).