HUBUNGAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI RUANG INSTALASI GAWAT DARURAT RS KRAMAT 128 JAKARTA 2023

  • Enjelina Angela Fransiska Fanumbi Universitas Islam As-Syafi’iyah
  • Agus Sumarno Universitas Islam As-Syafi’iyah
  • Seniwati . Universitas Islam As-Syafi’iyah
Keywords: Kepuasan, Perawat, Komunikasi, Terapeutik

Abstract

Rumah Sakit sebagai pemberi layanan kesehatan dituntut untuk mampu memberikan pelayanan yang memuaskan pasien. Namun masih ditemukan adanya ketidakpuasan pasien terhadap komunikasi perawat. Rata-rata hasil data yang didapatkan dari beberapa rumah sakit di Indonesia menunjukan 67% pasien yang mengeluh adanya ketidakpuasan dalam penerimaan pelayanan kesehatan. Tujuan Penelitian untuk mengetahui hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat dengan Kepuasan Pasien di Ruang Intalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Kramat 128 Jakarta. Metodologi Penelitian mengunakan desain deskriptif korelatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi berjumlah 185 dengan Teknik pengambilan sampel menggunakan Non-Probability Sampling dengan teknik Accidental Sampling yang bejumlah 126 pasien. Hasil Komunikasi terapeutik perawat yang baik 73,8% dengan kepuasan pasien 65,9%, hasil uji Chi Square diperoleh nilai P Value 0,002. Simpulan Terdapat hubungan antara komunikasi terapeutik dengan kepuasan pasien di ruang Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Kramat 128 Jakarta. Saran diharapkan dapat menjadi dasar untuk memperhatikan penerapan komunikasi terapeutik perawat khusunya di Ruang Instalasi Gawat Darurat. Hal tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan komunikasi terapeutik baik tahapan komunikasi, sikap dan teknik komunikasi terapeutik dalam meningkatkan kualitas pelayanan keperawatan di Rumah Sakit.

Published
2024-05-30