HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN INDEKS PRESTASI KOMULATIF (IPK) MAHASISWA S1 KEPERAWATAN UNIVERSITAS ISLAM AS-SYAFI’IYAH JAKARTA

  • Tien Partinah Universitas Islam As-Syafi'iyah
  • Syawal basri Harahap Universitas Islam As-Syafi'iyah
Keywords: Motivasi instrinsik, Motivasi Ekstrinsik, Indeks prestasi kumulatif

Abstract

ABSTRAK

Pendahuluan Mahasiswa adalah harapan bangsa, majunya bangsa ditentukan oleh generasi muda, oleh karena itu perlunya lulusan S1 keperawatan yang profesional. Perubahan ilmu pengetahuan dalam era globalisasi berdanpak langsung terhadap pelayan kesehatan, mutu pendidikan tidak akan lepas dari kegiatan belajar. Hasil kegiatan belajar adalah prestasi akademik. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan motivasi belajar dengan indeks prestasi komulatif  (IPK) mahasiswa S1 keperawatan Universitas Islam As-Syafi’iyah Jakarta. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif korelatif  dengan pendekatan cross-sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan Stratified Random Sampling dengan jumlah populasi 96 mahasiswa, didapat jumlah sampel 80 mahasiswa. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Analisa data memakai univariat dengan menggunakan µ dan %, bivariat menggunakan product moment dengan α 5%. Hasil Penelitian menunjukkan 55% motivasi belajar mahasiswa dalam kategori baik dan 83,8% prestasi akademik mahasiswa kategori baik. Uji korelasi product moment diperoleh nilai pearson correlation = 0,292 nilai ini lebih besar dari nilai r tabel (yaitu α = 5% atau r tabel = 0,220), maka hipotesis nol ditolak, terdapat hubungan yang sedang antara motivasi belajar dengan prestasi akademik (IPK). Kesimpulan terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi instrinsik dengan (IPK) dengan kategori cukup erat dan motivasi belajar dengan (IPK) dengan kategori sedang pada Mahasiswa S1 Keperawatan Universitas Islam As-Syafi’iyah Jakarta. Saran agar mahasiswa lebih meningkatkan semangat belajar dan berdoa sebelum perkuliahan dimulai.

 

        

Published
2016-11-01