HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN INDEKS PRESTASI KOMULATIF (IPK) MAHASISWA S1 KEPERAWATAN UNIVERSITAS ISLAM AS-SYAFI’IYAH JAKARTA
Abstract
ABSTRAK
Pendahuluan Mahasiswa adalah harapan bangsa, majunya bangsa ditentukan oleh generasi muda, oleh karena itu perlunya lulusan S1 keperawatan yang profesional. Perubahan ilmu pengetahuan dalam era globalisasi berdanpak langsung terhadap pelayan kesehatan, mutu pendidikan tidak akan lepas dari kegiatan belajar. Hasil kegiatan belajar adalah prestasi akademik. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan motivasi belajar dengan indeks prestasi komulatif (IPK) mahasiswa S1 keperawatan Universitas Islam As-Syafi’iyah Jakarta. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif korelatif dengan pendekatan cross-sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan Stratified Random Sampling dengan jumlah populasi 96 mahasiswa, didapat jumlah sampel 80 mahasiswa. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Analisa data memakai univariat dengan menggunakan µ dan %, bivariat menggunakan product moment dengan α 5%. Hasil Penelitian menunjukkan 55% motivasi belajar mahasiswa dalam kategori baik dan 83,8% prestasi akademik mahasiswa kategori baik. Uji korelasi product moment diperoleh nilai pearson correlation = 0,292 nilai ini lebih besar dari nilai r tabel (yaitu α = 5% atau r tabel = 0,220), maka hipotesis nol ditolak, terdapat hubungan yang sedang antara motivasi belajar dengan prestasi akademik (IPK). Kesimpulan terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi instrinsik dengan (IPK) dengan kategori cukup erat dan motivasi belajar dengan (IPK) dengan kategori sedang pada Mahasiswa S1 Keperawatan Universitas Islam As-Syafi’iyah Jakarta. Saran agar mahasiswa lebih meningkatkan semangat belajar dan berdoa sebelum perkuliahan dimulai.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).