COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY TERHADAP HARGA DIRI REMAJA DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK (LPKA)

  • Zuhriya Meilita Universitas Islam As-syafi’iyah Jakarta
Keywords: harga diri, narapidana, penjara, perilaku, pikiran, remaja

Abstract

Kenakalan remaja berupa tindak kriminal dapat membawa remaja berhadapan dengan
hukum. Remaja yang berada di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) mengalami masalah
psikososial, merasakan perubahan hidup, kehilangan kebebasan, kesepian karena terpisah dari orang tua
dan keluarga tercinta. Tujuan Penelitian untuk mengetahui pengaruh cognitive behavior therapy
terhadap harga diri remaja di LPKA. Metode Penelitian Desain Quasy Experimental Pre-Post Test
With Control Group. Jumlah sampel terdiri dari 38 kelompok intervensi dan 38 kelompok kontrol.
Instrumen pengukuran harga diri menggunakan kueisoner CSEI (Coopersmith Self Esteem Inventory).
Hasil penelitian menunjukkan terdapatnya perbedaaan harga diri remaja pada kelompok intervensi
sebelum dan setelah diberikan intervensi cognitive behavior therapy ( nilai p value= 0,000), dan terjadinya
sebanyak 7% peningkatan harga diri pada kelompok intervensi sebelum dan setelah intervensi. Simpulan
Pemberian cognitive behavior therapy mengatasi masalah psikososial pada remaja di LPKA dan
diharapkan terapi ini dapat diaplikasikan oleh perawat yang ada di LPKA. Saran Perawat kesehatan jiwa
melakukan penyegaran kepada perawat atau petugas di lapas berupa pelatihan untuk kesehatan jiwa pada
narapidana remaja di lapas. Pihak Lembaga Pembinaan Khusus Anak dapat melaksanakan bimbingan
konseling yang intensif terhadap narapidana remaja

Published
2018-12-06