DA'WAH OF COMMUNITY ECONOMIC DEVELOPMENT

DAKWAH PENGEMBANGAN EKONOMI MASYARAKAT

  • Dona Fitria Universitas Islam As-Syafiiyah
Keywords: Dakwah, Ekonomi Masyarakat

Abstract

Dakwah pengembangan masyarakat dan umat merupakan kegiatan Rasulullah Shallallahu Wassalam yang ditopang oleh perekonomian yang mapan. Hal ini dapat kita lihat bagaimana kiprah Rasulullah Shallallahu Wassalam bersama Ummul mukminin Khadijah radhiallahu'anhu dalam berdakwah memperbaiki keadaan umat dari keterpurukan peradaban. Begitu pula para sahabat-sahabat Rasulullah SAW, mengemban misi dakwah dengan mengorbankan harta kekayaan mereka. Bagaimana pengorbanan Utsman bin Affan membeli sumur dari seorang Yahudi untuk kaum muslimin. Bagaimana dengan kekayaannya Abu Bakar membebaskan para budak. Banyak teladan dalam Islam tentang pengorbanan harta dalam berdakwah.

Selain adanya kebijakan pemerintah, pemberdayaan ekonomi masyarakat dapat dilakukan diantaranya dengan membuka unit bisnis. Dengan adanya unit bisnis akan membuka lapangan pekerjaan yang menyerap tenaga kerja manusia. Bisnis yang dikembangkan bermacam-macam mulai dari unit bisnis sederhana berupa UMKM, home industri, koperasi,  maupun unit bisnis yang yang dikelola secara besar seperti pabrik, perkantoran pariwisata, perbankan dan lain sebagainya

Sudah saatnya umat Islam bersatu padu memajukan ekonomi agar Umat Islam lepas dari belenggu dan penjajahan dalam era kapitalis, hedonis serta matrealistis dengan menggerakkan ekonomi keumatan, berupa didirikannya pasar-pasar syariah, kegiatan pariwista berbasis syariah, serta sika pemerintah yang mengeluarkan kebijakan ekonomi yang pro pada syariat Islam dan mendukung program perbankan syariah di Indonesia.

Published
2020-09-09