THE EFFECT OF KNOWLEDGE AND PROMOTION ON INTEREST IN SAVING IN SHARIA BANK

PENGARUH PENGETAHUAN DAN PROMOSI TERHADAP MINAT MENABUNG DI BANK SYARIAH: studi kasus Jamaah Masjid Raya Al-Barkah Kota Bekasi

  • Mahfuz Nur Universitas Islam As-Syafi'iyah
Keywords: Pengetahuan, Promosi, Minat Menabung

Abstract

Minat lebih dikenal sebagai keputusan pemakaian atau pembelian jasa/produk tertentu. Harapannya jika jamaah Masjid Raya Al-Barkah mempunyai pengetahuan tentang bank Syariah, dari segi dengan latar belakang pendidikan yang berbeda diharapkan jamaah masjid Al-Barkah mempunyai pengetahuan dan pemahaman yang sama mengenai Bank Syariah, pasti akan memunculkan motivasi untuk memunculkan minat menabung di Bank Syariah. Namun pada faktanya Pengetahuan dan pemahaman jamaah Masjid Raya Al-Barkah Kota Bekasi berbeda-beda, bahkan dari hasil wawancara yang diperoleh masih ada jamaah masjid raya Al-Barkah yang belum mengetahui tentang Bank Syariah.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pengetahuan mempengaruhi minat jamaah masjid menabung di bank syariah, untuk mengetahui apakah promosi mempengaruhi minat jamaah masjid menabung di bank Syariah. Metode pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang disebarkan kepada jamaah di Masjid Raya Al-Barkah Kota Bekasi. Sampel yang diambil sebanyak 35 responden. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan alat bantu SPSS versi 23. Analisis ini meliputi uji reliabilitas, uji validitas, uji regresi berganda, uji asumsi klasik. Uji statistik melalui uji T, uji F, serta koefisien determinan (R2).

Hasil uji T menunjukkan bahwa pengetahuan secara parsial tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap minat menabung Jamaah di masjid Al-Barkah Kota Bekasi. Sedangkan promosi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung Jamaah di Masjid Raya Al-Barkah Kota Bekasi. Uji F menunjukkan pengetahuan, dan promosi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap minat menabung Jamaah di Masjid Raya Al-Barkah Kota Bekasi. Dan koefisien determinasi (R2) dengan pengaruh sebesar 31,2% sisanya 68,8% dipengaruhi oleh variabel lain.

Published
2021-09-24