PENGARUH PENGETAHUAN RELIGIUSITAS DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN ANGGOTA LDK UIN JAKARTA MENABUNG DI BANK SYARIAH

  • Tiara Butet Utami Siahaan FEB Universitas Islam Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia
  • Ahmad Zubaidi Fakultas Ekonomi, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Irhamsyah Putra FEB Universitas Islam Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia
Keywords: Pengetahuan, Religiusitas, Brand Image, Keputusan Menabung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengetahuan, religiusitas dan brand image terhadap keputusan anggota LDK UIN Jakarta menabung di Bank Syariah. Penelitian ini menggunakan 25 butir pertanyaan. Penelitian menggunakan data primer yang dikumpulkan dengan penyebaran kuisioner melalui google-form kepada anggota LDK UIN Jakarta yang sudah menabung di Bank Syariah sebanyak 100 sampel yang ditentukan dengan metode non-probability sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah Partial Least Square dengan software SmartPLS 3.2. Hasil yang diperoleh adalah pengetahuan tidak berpengaruh pada keputusan menabung, religiusitas dan brand image berpengaruh pada  keputusan menabung serta secara simultan pengetahuan, religiusitas dan brand image berpengaruh pada keputusan menabung. Saran dari peneliti untuk bank syariah ialah meningkatkan branding dan mengadakan edukasi literasi untuk masyarakat. Saran untuk peneliti selanjutnya ialah dengan menggunakan data dan teori yang lebih baik serta menambahkan variabel penelitian yang masih berhubungan dengan penelitian ini.

Author Biography

Ahmad Zubaidi, Fakultas Ekonomi, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengetahuan, religiusitas dan brand image terhadap keputusan anggota LDK UIN Jakarta menabung di Bank Syariah. Penelitian ini menggunakan 25 butir pertanyaan. Penelitian menggunakan data primer yang dikumpulkan dengan penyebaran kuisioner melalui google-form kepada anggota LDK UIN Jakarta yang sudah menabung di Bank Syariah sebanyak 100 sampel yang ditentukan dengan metode non-probability sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah Partial Least Square dengan software SmartPLS 3.2. Hasil yang diperoleh adalah pengetahuan tidak berpengaruh pada keputusan menabung, religiusitas dan brand image berpengaruh pada  keputusan menabung serta secara simultan pengetahuan, religiusitas dan brand image berpengaruh pada keputusan menabung. Saran dari peneliti untuk bank syariah ialah meningkatkan branding dan mengadakan edukasi literasi untuk masyarakat. Saran untuk peneliti selanjutnya ialah dengan menggunakan data dan teori yang lebih baik serta menambahkan variabel penelitian yang masih berhubungan dengan penelitian ini.

 

Published
2024-01-26