PENGGUNAAN INFLUENCER DI MEDIA SOSIAL UNTUK MEMPROMOSIKAN EKONOMI SYARIAH

  • Badrah Uyuni Universitas Islam As-Syafiiyah
  • muhibudin muhibudin Universitas Islam As Syafi'iyah
  • Kholis kohari Universitas Islam As Syafi'iyah
Keywords: Ekonomi Syariah, Influencer, Media Sosial

Abstract

Artikel ini membahas peran dan penggunaan influencer di media sosial sebagai strategi untuk mempromosikan ekonomi syariah. Melalui analisis literatur dan studi kasus, penulis menjelaskan bagaimana influencer digunakan oleh institusi keuangan syariah dan komunitas ekonomi syariah untuk meningkatkan kesadaran dan keterlibatan masyarakat terhadap ekonomi berbasis prinsip Islam. Studi ini mengidentifikasi bahwa influencer memiliki kekuatan untuk mempengaruhi opini dan perilaku pengikut mereka, sehingga menjadi alat yang efektif dalam menyebarkan pesan-pesan terkait keuangan syariah. Dalam artikel ini, penulis juga membahas berbagai strategi yang digunakan oleh influencer dalam konteks ekonomi syariah, seperti fokus pada edukasi, inspirasi, interaktifitas, dan kolaborasi dengan institusi syariah. Selain itu, penulis menguraikan tantangan yang dihadapi oleh influencer, seperti kurangnya pemahaman, persaingan dengan konten konvensional, dan respon negatif. Penggunaan influencer di media sosial dapat menjadi cara yang efektif untuk mempromosikan ekonomi syariah kepada khalayak yang lebih luas. Dengan konten yang relevan, edukatif, dan menginspirasi, influencer dapat memainkan peran penting dalam meningkatkan pemahaman masyarakat tentang prinsip-prinsip ekonomi syariah dan mendorong adopsi prinsip-prinsip tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

References

Adnan, M., & Uyuni, B. (2023). Optimizing the role of the sharia supervisory council (DPS) at the ziswaf institution. Al-Risalah: Jurnal Studi Agama Dan Pemikiran Islam, 14(1), 134-153.
Adnan, M., & Uyuni, B. (2021). Maqashid Sharia in Millennial Da'wah. SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, 8(5), 1483-1498.
Alifi, A., & Agung, W. D. (2023). SHARIA FINTECH GROWTH IN INDUSTRY REVOLUTION 5.0–ALAMI SHARIA STUDY CASE. El-Arbah: Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Perbankan Syariah, 7(2), 77-87.
Arif, M. K. (2021). Islam Rahmatan Lil Alamin From Social and Cultural Perspective. Al-Risalah: Jurnal Studi Agama dan Pemikiran Islam, 12(2), 169-186.
Arusy, S., & Uyuni, B. (2020, September). EFFECTIVE CONCEPTS AND METHODS OF DAKWAH IN THE GLOBAL WORLD. In Proceeding International Da'wah Conference (Vol. 1, No. 1, pp. 232-254).
Asmawi, M. (2021). Problems Of The Islamic World Economy. El-Arbah: Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Perbankan Syariah, 5(1), 1-10.
Cahyono, A. S. (2016). Pengaruh media sosial terhadap perubahan sosial masyarakat di Indonesia. Publiciana, 9(1), 140-157.
Hamid, A., & Uyuni, B. (2023). Human Needs for Dakwah (The Existence of KODI as the Capital's Da'wah Organization). TSAQAFAH, 19(1), 1-26.
Handayani, H. (2023). Implementasi Sosial Media Influencer terhadap Minat Beli Konsumen: Pendekatan Digital Marketing. Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah), 6(1), 918-930.
Jin, S. V., Muqaddam, A., & Ryu, E. (2019). Instafamous and social media influencer marketing. Marketing Intelligence & Planning, 37(5), 567-579.
Kohari, K., Adnan, M., Majid, Z. A., & Abdullah, F. (2022). THE ROLE AND FUNCTION OF THE DA'I IN THE PSYCHOLOGICAL PERSPECTIVE OF DAKWAH. Al-Risalah: Jurnal Studi Agama dan Pemikiran Islam, 13(2), 485-498.
Leung, F. F., Gu, F. F., & Palmatier, R. W. (2022). Online influencer marketing. Journal of the Academy of Marketing Science, 50(2), 226-251.
Musthofa, M. (2023). The ethics of da'wah in the family according to an Islamic perspective. Al-Risalah: Jurnal Studi Agama dan Pemikiran Islam, 14(1), 174-193.
Prasetyo, Y. (2018). Ekonomi syariah. Penerbit Aria Mandiri Group.
Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan media sosial sebagai media promosi. Jurnal Common, 3(1), 71-80.
Sutrisno, S., Mappasessu, M., Uyuni, B., Adam, M., Zahari, I., Prayogi, A., ... & Pratama, A. I. (2024). Pengantar Studi Islam.
Uyuni, B. (2023). Media Dakwah Era Digital. Penerbit Assofa.
Uyuni, B., & Muhibudin, M. (2020). COMMUNITY DEVELOPMENT: The Medina Community as the Ideal Prototype of Community Development. Spektra: Jurnal ilmu-ilmu sosial, 2(1), 10-31.
Uyuni, B. (2021). The Rasulullah's Way of Business: as the Best Example for Student. Jurnal Bina Ummat: Membina Dan Membentengi Ummat, 4(1), 121-137.
Watie, E. D. S. (2016). Komunikasi dan media sosial (communications and social media). Jurnal The Messenger, 3(2), 69-74.
Published
2024-03-29