IMPLEMENTASI ETIKA BISNIS ISLAM DALAM PERBANKAN SYARIAH

  • Rizki Annisa Universitas Islam As-syafi’iyah Jakarta
  • Husnul Khotimah Sylvia Universitas Islam As-syafi’iyah Jakarta
  • Nurafifah zahra Universitas Islam As-syafi’iyah Jakarta
Keywords: Implementasi, economic, Islamic business

Abstract

Pangsa pasar perbankan syariah di Indonesia masih relatif kecil bila di bandingkan
dengan pangsa pasar konvensional namun perbankan syariah memiliki tingkat
pertumbuhan tahunan yang cukup signifikan. Perkembangan pangsa pasar syariah ini
cuckup menggembirakan namun belum diikuti dengan penerapan prinsip etika bisnis
islam yang yang maksimal. Pengungkapan informasi etis bank syaraih baik yang bersifat
kuantitatif maupun kualitatif (aspek moral maupun material) adalah hal yang mutlak bagi
bank syariah sebab secara yuridis bank syariah memiliki tanggung jawab untuk
menunjukan bahwa bank syariah telah benar-benar menerapkan prinsip etika bisnis islam
dalam kegiatan oprasionalnya dan juga dalam memberikan panduan kepada para pihak
pemangku kepentingan atau stakeholder (yang terdiri dari nasabah penabung, pemegang
saham, investor, obligasi, bank responden, regulator, pegawai perseroan, pemasok, dan
lingkungan masyarakat) dalam membuat keputusan-keputusan ekonomi dalam upaya
mewujudkan akuntabilitas publik

Published
2018-12-03