Gambaran Motivasi Belajar Pada Siswa Generasi Z dan Implikasinya dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah

  • Cindy Marisa Universitas Indraprasta PGRI
Keywords: Motivasi Belajar, Generasi Z, Pelayanan Bimbingan dan Konseling

Abstract

Generasi Z pada saat ini berada di rentang usia 10-25 tahun. Pada rentang usia tersebut, siswa sekolah menegah termasuk didalamnya. Generasi Z memiliki karakteristik berbeda dengan generasi sebelumnya seperti generasi baby-boom, generasi X dan generasi Y.  Generasi Z memiliki karakter yang ramah teknologi, multitasking, dan singkat perhatian. Penelitian ini bermaksud memberikan gambaran motivasi belajar pada generasi Z secara keseluruhan, juga perbedaannya antara motivasi belajar siswa laki-laki dan perempuan. Lebih lanjut, memberikan gambaran implikasi dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling di sekolah. Penelitian ini melibatkan 50 siswa sekolah menengah. Metode yang digunakan yaitu survei dengan mengaplikasikan skala likert motivasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan motivasi belajar siswa generasi Z secara keseluruhan pada kategori rendah sebesar 12%, sedang 68%,  dan tinggi 20%, serta  tidak terdapat perbedaan motivasi belajar secara signifikan antara siswa laki-laki dengan perempuan pada generasi Z. Implikasinya dalam Bimbingan dan Konseling yang dapat dilakukan yaitu melalui layanan format klasikal, kelompok, dan perorangan dengan standar POAC-Plus yang terstuktur dan sistematis.

References

Abdillah, A., & Fajar, D. M. (2020). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa di Kelas VIII SMP Negeri 1 Ajung Melalui Praktikum GLB dan GLBB. EKSAKTA: Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran MIPA, 5(1), 48–54.

Abid, G., Arya, B., Arshad, A., Ahmed, S., & Farooqi, S. (2020). Positive personality traits and self-leadership in sustainable organizations: Mediating influence of thriving and moderating role of proactive personality. Sustainable Production and Consumption, 25, 299–311.

Agustina, A., Nurhasanah, N., & Bakar, A. (2019). Keterlibatan Personil Sekolah Dalam Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling di SMA Negeri Se-Kota Banda Aceh. JIMBK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan & Konseling, 4(4).

Amseke, F. V. (2018). Pengaruh Dukungan Sosial Orang Tua Terhadap Motivasi Berprestasi. Ciencias: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 1(1), 65–81.

Anggraini, S. (2017). Peran supervisi bk untuk meningkatkan profesionalisme guru Bk. In Prosiding Seminar Bimbingan dan Konseling (Vol. 1, pp. 332–341).

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta..

Astuti, I. Y. (2018). Perbedaan Motivasi Belajar Warga Belajar Perempuan dan Laki-Laki dalam Mengikuti Pendidikan Kesetaraan Paket C. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 2(1).

Chayomchai, A. (2020). The Online Technology Acceptance Model of Generation-Z People in Thailand during COVID-19 Crisis. Management & Marketing. Challenges for the Knowledge Society, 15(s1), 496–512.

EE, M. N. H., Purwanti, P., & Lestari, S. (n.d.). LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL TENTANG MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI IPS SMA NEGERI 2PONTIANAK. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(3).

Fitriyani, P. (2018). Pendidikan karakter bagi generasi Z. Prosiding Konferensi Nasional Ke-7 Asosiasi Program Pascasarjana Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (APPPTMA). Jakarta, 23–25.

Handoko, H. P. (2020). Layanan Bimbingan Konseling Dalam Peningkatan Motivasi Belajar Siswa SMA N 1 Kota Metro. Jurnal Dewantara, 9(1), 69–84.

Hofer, M., & Fries, S. (2016). A multiple goals perspective on academic motivation. Handbook of Motivation at School, 440–458.

Hsu, Y.-C. (2020). Exploring the learning motivation and effectiveness of applying virtual reality to high school mathematics. Universal Journal of Educational Research, 8(2), 438–444.

Kholis, M., & Zaim, M. (2020). Students’ Perception Towards Teacher Beliefs and Its Effect on Students’ Motivation and Achievement. In Eighth International Conference on Languages and Arts (ICLA-2019) (pp. 200–202). Atlantis Press.

Kim, T.-Y., & Kim, Y. (2020). Structural Relationship Between L2 Learning Motivation and Resilience and Their Impact on Motivated Behavior and L2 Proficiency. Journal of Psycholinguistic Research, 1–20.

Kurniasih, C., Yanto, P. N. F., & Aji, B. S. (2020). PENTINGNYA KOMPETENSI KEPRIBADIAN BAGI GURU BK DALAM MEMBANGUN KARAKTER SISWA. In Prosiding Seminar Nasional LP3M (Vol. 2).

Laila, Y., & Ilyas, A. (2019). Hubungan Konformitas Teman Sebaya dengan Motivasi Belajar di SMA Adabiah Padang. Jurnal Neo Konseling, 1(2).

Lestari, L., & Izzaty, R. E. (2020). The effectiveness of reinforcement sensitivity theory on student motivation through group counseling services. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 6(1), 29–34.

Malsawmi, H., & Chuaungo, M. L. (n.d.). Guidance and Counseling for Quality Education at School Level in Mizoram. Mizoram Educational Journal, 87.

Marisa, C., & Putri, A. M. (2017). The influence of individual counseling in improving learning motivation for students, 1(2), 137–144.

Nawawi, M. I. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar: Tinjauan berdasarkan Karakter Generasi Z. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 4(2), 197–210.

Nurwahyuni, A. (2019). Literature Review: Perbedaan Pendidikan Karakter yang Diterapkan pada Generasi X, Y dan Z. In Prosiding Seminar Nasional. Presented at the Psikologi Pendidikan.

Poláková, P., & Klímová, B. (2019). Mobile technology and Generation Z in the English language classroom—A preliminary study. Education Sciences, 9(3), 203.

Satrio, K. B., Solehuddin, M., & Saripah, I. (2020). What generation Z needs in education: A survey. In Proceedings of the 2020 The 6th International Conference on Frontiers of Educational Technologies (pp. 30–33).

Steegh, A. M., Höffler, T. N., Keller, M. M., & Parchmann, I. (2019). Gender differences in mathematics and science competitions: A systematic review. Journal of Research in Science Teaching, 56(10), 1431–1460.

Suhardita, K., Dartiningsih, M. W., Sapta, I. K., & Yuliastini, N. K. S. (2019). Manajemen Bimbingan Konseling di Sekolah Menengah Atas. Konvensi Nasional Bimbingan Dan Konseling XXI, 89–98.

Sulistya, I. E., & Budirahayu, N. (2018). IMPLEMENTASI PROGRAM GUNUNGKIDUL MENGAJAR DALAM RANGKA PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN MASYARAKAT DI KABUPATEN GUNUNGKIDUL. At-Tamkin: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 42–54.

Supratman, L. P. (2018). Penggunaan media sosial oleh digital native.

Wibawanto, H. (2016). Generasi Z dan pembelajaran di Pendidikan Tinggi. Simposium Nasional Pendidikan Tinggi. Bandung (ID).[internet].[diunduh Pada Tanggal 5 Maret 2018]. Tersedia Pada: Http://event. Elearning. Itb. Ac. id/assets/download/materi3. Pdf.

Wibowo, D. E., & Abdi, S. (2019). Hubungan Antara Motivasi Berprestasi Dengan Disiplin Belajar Siswa. Guidance, 16(01), 29-33.

Yulianti, R., Putra, D. D., & Takanjanji, P. D. (2018). Women Leadership: Telaah Kapasitas Perempuan Sebagai Pemimpin. Madani Jurnal Politik Dan Sosial Kemasyarakatan, 10(2), 14–29.

Zulkarnain, M., Sari, E. Y. D., & Purwadi, P. (2019). Peranan dukungan sosial dan self esteem dalam meningkatkan motivasi belajar. In Prosiding Seminar Nasional Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan (pp. 447–452).

Published
2020-12-30
How to Cite
MarisaC. (2020). Gambaran Motivasi Belajar Pada Siswa Generasi Z dan Implikasinya dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Guidance, 17(02), 21-32. https://doi.org/10.34005/guidance.v17i02.1117