Hubungan Kontrol Diri dengan Adiksi Game Online

  • Annisa Nur Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Keywords: Kontrol Diri, Adiksi Game Online

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian dengan metode kuantitatif korelasional untuk menemukan hubungan kontrol diri dengan adiksi game online pada siswa kelas X MA N 1 Kota Serang Tahun Ajaran 2019/2020, dengan hipotesis terdapat hubungan antara kontrol diri dengan adiksi game online. Variabel yang diuji dalam penelitian ini ada dua, yaitu variabel kontrol diri dan adiksi game online. Populasi penelitian yaitu pada seluruh kelas X dengan jumlah siswa sebanyak 239 siswa, dan sampel yang digunakan150 siswa menggunakan metode sampel probability sampling dengan teknik simple random sampling. Berdasarkan hasil analisis menggunakan korelasi product moment dengan taraf siginifikansi 5% diperoleh R (-0,499) dengan Sig= 0,00 (Sig<0,05), maka Ha diterima dan H0 ditolak. Hasil analaisis menunjukkan terdapat hubungan negatif, itu berarti jika kontrol diri tinggi maka adiksi game online rendah. Sejalan dengan hasil analaisis tersebut, maka hasil akhir dari penelitian ini adalah terdapatnya program bimbingan dan konseling untuk para siswa yang mengalami kontrol diri rendah.

References

Abdi, S., & Karneli, Y. (2020). Kecanduan Game Online: Penanganannya dalam Konseling Individual. Guidance, 17(02), 9-20.

Acocella, J. R., & Chalhoun, J. F. (1990). Psychology of adjustment human relationship (3th ed). New York: McGraw-Hill.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Bodenheimer, Bobby. (1999). Computer Animation and Simulation. Eurographics.

Feist, J., & Gregory J. Feist. (2006). Theories of Personality Sixth Edition. United States: McGraw-Hill Companies. Inc.

Fitri, E., Erwinda, L., dan Ifdil, I. (2018). Konsep Adiksi Game Online dan Dampaknya Terhadap Masalah Mental Emosional Remaja serta Peran Bimbingan dan Konseling. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 4 (3), 211-219.

Nurjanah. (2013). Perilaku adiksi pada pemain game online di dinustech Semarang dan dampaknya terhadap kesehatan. Tersedia: Jurnal Visikes-Vol 12/No.2/September 2013.

Soebastian, C. O. (2010). Dampak Psikologis Negatif Kecanduan Permainan Online pada Mahasiswa (Skripsi). Semarang: Universitas Katolik Soegijapranata.

Weinstein, A, M. (2010). Computer and video game addiction—a comparasion between game users and non-game user. The American Journal of Drug and Alcohol Abuse, 36 (5), 268-276.

Yee, N. (2002). Understanding MMORPG addiction. Retrieved February, 15, 2008.

Published
2021-06-30
How to Cite
NurA. (2021). Hubungan Kontrol Diri dengan Adiksi Game Online. Guidance : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 18(01), 17-23. https://doi.org/10.34005/guidance.v18i01.1310