Hubungan Motivasi Belajar dengan Self-Regulated Learning (SRL) Pada Masa Pandemi Covid-19 Pada Mahasiswa Kedokteran Universitas Malahayati Angkatan 2019

  • Sri Maria Puji Lestari Universitas Malahayati Bandar Lampung
  • Supriyati Supriyati Universitas Malahayati Bandar Lampung
  • Achmad Farich Universitas Malahayati Bandar Lampung
  • Bella Ika Lestari Universitas Malahayati Bandar Lampung
Keywords: Learning Motivation, Self-Regulated Learning

Abstract

Sejak Pandemi Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) menyebar ke Indonesia, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meminta seluruh perguruan tinggi menghentikan sementara pembelajaran tatap muka dan merubahnya menjadi pembelajaran daring, mahasiswa diminta untuk bisa mengatur diri dalam belajar pada masa Pandemi COVID-19. Dimana Mahasiswa yang termotivasi dengan belajar untuk meraih tujuan akan melibatkan  . Tujuan penelitian ini yaituapakah terdapat Hubungan motivasi belajar dengan self- regulated learning selama pembelajaran daring pada masa pandemi COVID 19 pada Mahasiswa Kedokteran Universitas Malahayati angkatan 2019. Jenis penelitian ini  adalah kuantitatif analitik observasional dengan metode cross sectional. Subjek penelitian ini adalah seluruh Mahasiswa Program Studi Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati Angkatan 2018. Alat ukur digunakan adalah Kuesioner Skala Motivasi Belajar dan Skala Regulasi diri. Hasil penelitian ini diketahui bahwa dari 107 responden Mahasiswa Kedokteran Umun Universitas Malahayati angkatan 2019 dengan tingkat Self-regulated Learning yang tinggi sebanyak 73 orang (68,2%) serta responden yang memiliki tingkat  yang Self-regulated Learning sedang sebanyak 34 orang (31,8%). Mahasiswa yang memiliki tingkat Motivasi Belajar tinggi sebanyak 45 orang (42,1%) serta responden yang memiliki tingkat Motivasi Belajar sedang sebanyak 62 orang (57,9%). Kesimpulannya adalah terdapat hubungan bermakna antara motivasi belajar dan self regulated learning (SRL) selama pembelajaran daring pada masa pandemic COVID-19 pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Umum Universitas Malahayati Angkatan 2019 dengan presentase sebesar 42%.

References

Abdi, S., Wibowo, D. E., & Kusuma, S. N. (2022). Kesulitan belajar anak pada proses pembelajaran daring (studi mixed methods di SMP Negeri 20 Bekasi). TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 6(2), 306-312.

Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123–140. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57

Fajriyah, D. I. (2021). Hubungan Self Regulated Learning dengan Stress Akademik pada siswa SMA Negeri 1 Pacitan selama pembelajaran daring di masa pandemi COVID-19. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Fatimah, N. (2018). Hubungan Kecerdasan Spiritual terhadap Self Regulated Learning (SRL) Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Umum Universitas Malahayati Angkatan 2018. Universitas Malahayati.

Harahap, A. C. P., & Harahap, S. R. (2020). Covid 19: Self Regulated Learning Mahasiswa Ade. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 10(1), 36–42. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/al-irsyad/article/view/7646/3478

Hastuti, R. (2018). Pengaruh Regulasi Diri (Self Regulation) Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Peserta Didik Kelas XI Mia Man 1 Bulukumba (Vol. 1, Issue 1). Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Kemendikbud. (2013). Permenkes RI Nomor 109 Tahun 2013.

Muasyaroh, H., & Royanto, L. R. M. (2021). Pembelajaran jarak jauh di masa pandemi COVID-19: Peran literasi digital dan task value terhadap self-regulated learning mahasiswa. Jurnal Psikologi Ulayat. https://doi.org/10.24854/jpu172

Pujilestari, Y. (2020). Dampak Positif Pembelajaran Online Dalam Sistem Pendidikan Indonesia Pasca Pandemi Covid-19. In Adalah Buletin Hukum dan Keadilan (Vol. 4, Issue 1). http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/adalah/article/view/15394/7199

Santrock, J. W. (2011). Educational Phsycology (V, Vol. 148). Michael Sugarman.

Schunk, D. H., & Zimmerman, B. J. (2011). Handbook of Self-Regulation of Learning. In Educational Psychology Handbook Seriies. Taylor & Francis.

Zimmerman, B. J. (1989). A Social Cognitive View of Self-Regulated Academic Learning. Journal of Educational Psychology, 81(3), 329–339. https://doi.org/10.1037/0022-0663.81.3.329

Published
2022-12-30
How to Cite
Puji LestariS., SupriyatiS., FarichA., & LestariB. (2022). Hubungan Motivasi Belajar dengan Self-Regulated Learning (SRL) Pada Masa Pandemi Covid-19 Pada Mahasiswa Kedokteran Universitas Malahayati Angkatan 2019. Guidance : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 19(02), 89-98. https://doi.org/10.34005/guidance.v19i02.1801