Studi Kasus Kemampuan Komunkasi Interpersonal Pada Anak di Desa Bagan Kuala

  • Ade Chita Putri Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Sekar Aulia Prameswari Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Semiana Simanungkalit Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Risdani Putri Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Keywords: Communication Skills, Interpersonal Communication

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan komunikasi interpersonal pada anak di desa Bagan Kuala. Penelitian ini dilkakukan sebab pada zaman sekarang banyak anak yang tidak memiliki kemampuan interpersonal yang baik serta sesuai kaidah. Metodologi penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan studi kasus. Sampel yang diambil dari ini adalah anak dari desa Bagan Kuala yang dilambil melalui tekni random sampling. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan komunikasi interpersonal yang dilakukan oleh anak di Desa Bagan Kuala sudah cukup baik dan masih menerapkan nilai-nilai tata krama yang berlaku di Indonesia. Maka dari itu kemampuan komunikasi interpersonal pada anak adalah salah satu hal yang wajib menjadi perhatian orang tua.

References

Barus, R. K. I., Dewi, S. S., & Khairuddin, K. (2020). Komunikasi Interpersonal Tenaga Kerja Indonesia dan Anak. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 3(2), 369-376.

Goode, J. William (1983). Sosiologi Keluarga. Jakarta: Bina Aksara.

Kuntaraf, Kathleen & Kuntaraf, John (1999). Komunikasi Keluarga. Indonesia: Indonesia Publishing House.

Shinta, Ratnawati. (2000). Keluarga, Kunci Sukses Anak. Jakarta: Kompas.

Sugiyono. (2009). Memahami penelitian kualitatif. Bandung : CV Alfabeta.

Suharyanto, A. Matondang, A. Walhidayat, T. (2017). The Interpersonal Communication of the Chinese Ethnic Families in Cheng Beng Ceremony in Medan, Indonesia. IOSR Journal Of Humanities And Social Science (IOSR-JHSS), 22(12)Ver.4:38-44.

Tohirin. (2011). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta: Raja Grafindo.

Thariq, M. (2017). Membangun Ketahanan Keluarga Dengan Komunikasi Interpersonal. Jurnal Simbolika: Research and Learning in Comunication Study, 3 (1): 34-44

Published
2022-06-30
How to Cite
PutriA., PrameswariS., SimanungkalitS., & NasutionR. (2022). Studi Kasus Kemampuan Komunkasi Interpersonal Pada Anak di Desa Bagan Kuala. Guidance : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 19(01), 18-24. https://doi.org/10.34005/guidance.v19i1.1816