Implementasi Bimbingan Klasikal Impact Islami Sebagai Upaya Pencegahan Toxic Femininity Di MAN 3 Tulungagung
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi bimbingan klasikal impact islami sebagai upaya pencegahan toxic femininity di MAN 3 Tulungagung. Penelitian yang dilakukan merupakan field research atau penelitian lapangan berjenis deskriptif-kualitatif. Peran peneliti adalah sebagai pelaksana bimbingan, pengumpul data, dan penganalisis data. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara tidak terstruktur dan observasi serta dilengkapi dengan studi dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh melalui proses pengamatan, diskusi dengan teman sejawat, triangulasi, dan peningkatan ketekunan dalam penelitian. Analisis data hasil penelitian dilakukan dengan mengorganisasikan data, mengelola data, kemudian menyintesiskannya dalam bentuk uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi bimbingan klasikal impact islami sebagai upaya pencegahan toxic femininity di MAN 3 Tulungagung meliputi tahapan rapport, contract, focus, funnel, dan closing. Media yang digunakan dalam layanan ini adalah berupa pamflet dan video. Sementara itu, kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan layanan adalah pengondisian kelas. Berdasarkan wawancara dengan guru bimbingan konseling MAN 3 Tulungagung, implementasi bimbingan klasikal impact islami yang dilaksanakan sudah baik dan berhasil.
References
Aditya, D. K., Supriadi, O. A., Telkom, U., & Gender, E. (2021). Perancangan Media Kreatif Pembelajaran dan Pengenalan Mengenai Ragam Identitas Gender dan Ekspresi Gender dengan Memanfaatkan Media Boneka Kertas bagi Remaja. e-Proceeding of Art & Design, 8(3), 1140–1153.
Efendy, R. (2014). Kesetaraan Gender dalam Pendidikan. Jurnal Al-Maiyyah, 7(2), 142–165. http://ejournal.kemsos.go.id/index.php/SosioKonsepsia/article/view/809/407
Farozin, M. (2012). Pengembangan Model Bimbingan Klasikal untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMP. Cakrawala Pendidikan, 1, 143–156. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/cp.v0i1.1472
Jacobs, E. (1994). Impact Therapy. Psychological Assessment Resources.
Jaya, Y. (2004). Bimbingan dan Konseling Agama Islam. Angkasa Raya.
Khotijah, L. N., & Imas. (2016). Konsep Bimbingan Konseling Impact Berbasis Islam untuk Meningkatkan Regulasi Diri dalam Pemanfaatan Gadget. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam, 13(2), 1–13.
Kountoro, R. (2004). Metode Penelitian untuk Penulisan Skripsi dan Tesis. PT. PPM.
Musnamar, T. (1992). Dasar-dasar Konseptual Bimbingan dan Konseling Islami. UII Press.
Najah, H. A. (2020). Implementasi Bimbingan Dan Konseling Impact Islami Pada Siswa Smk 1 Karanganyar Purbalingga. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam, 16(2), 152–165. https://doi.org/10.14421/hisbah.2019.162-04
Naqiyah, N. (2017). Konseling Komunitas. Media Nusa Creative.
Prayitno. (2015). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. PT. Rineka Cipta.
Prosiding, T. (2015). Peran Profesi Konseling dalam Menyiapkan Sumber Daya Manusia Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN. Seminar dan Workshop Internasional Konseling Malindo ke-4, 469–480.
Raco, J. R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif, Jenis Karakteristik, dan Keunggulannya. Grasindo.
Rahardjo, M. (2010). Pemikiran Kebijakan Pendidikan Kontemporer. UIN Maliki Press.
Rahmadian, A. A. (2012). Impact Counseling : Sebuah Pendekatan Kreatif dalam Konseling. Prosiding International Seminar & Workshop Post Traumatic Counseling”, 32–36.
Rismawati. (2015). Pelaksanaan Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling di SMP Negeri 3 Kandangan. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur, 1(1), 64–74. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v1i2.360
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Wibisono, Y. (2013). Konsep Kesetaraan Gender dalam Perspektif Islam. Al-Mabsut, 97–112.
Copyright (c) 2022 Nasywa Fauzia Zahro, Dzinnun Hadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.