Mengetahui Hubungan Sosial Peserta Didik dengan Pendekatan Instrumentasi Sosiometri

  • Arifah Abd Latif Dunggio Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tompotika Luwuk Banggai
  • Asnarita Nento Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tompotika Luwuk Banggai
Keywords: Hubungan Sosial, Instrumentasi Sosiometri

Abstract

Sosiometri merupakan teknik mengumpulkan data mengenai hubungan sosial dan tingkah laku sosial siswa. Dari data sosiometri individu dapat diketahui keluasan dan kedalaman pergaulan, status pemilihan atau penolakan sesama teman, dan popularitas dalam pergaulan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui aplikasi instrumentasi sosiometri untuk mengetahui tingkat hubungan sosial peserta didik di kelas VIII-b SMP Negeri 6 Luwuk. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Variabel yang diamati meliputi frekuensi hubungan, intensitas tingkat hubungan dan, popularitas hubungan. Sampel dari penelitian ini yakni 20 siswa kelas VIII-b SMP Negeri 6 Luwuk. Hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat tiga orang peserta didik memiliki tingkat hubungan sosial yang sedang. Hal itu ditunjukkan dengan perilaku peserta didik yang kurang bergaul dengan teman-temannya di kelas maupun teman-teman yang bukan sekelas, atau frekuensi hubungan sosial peserta didik tersebut masih rendah

References

Amalia, S. R., Yuline, & Purwanti. (2019). Analisis Peserta Didik Yang Terisolir di MAN 2 Pontianak Tahun 2019. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 8(9), 1–10. https://doi.org/10.26418/JPPK.V8I9.35701

Amiruddin, Barrulwalidin, Sarayulis, & Hajar, S. (2022). Manajemen Pengelolaan Kelas Dalam Pembinaan Karakter di SMA Negeri 1 Seunagan Kabupaten Nagan Raya. Jurnal Seumubeuet: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 42–69.

Chayati, P. A. N., & Rosidah, N. S. (2022). Pemanfaatan Sosiometri Dalam Layanan Bimbingan Dan Konseling Di SMPN 1 Sukajaya. Prophetic Guidance and Counseling Journal, 2(2), 41–46. https://doi.org/10.32832/PRO-GCJ.V2I2.6876

Devianti, R., & Sari, S. L. (2020). Penggunaan Aplikasi Instrumentasi pada Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Indonesian Journal of Counseling and Development, 2(1), 71–81. https://doi.org/10.32939/IJCD.V2I01.875

Fitri, E. N., & Marjohan, M. (2017). Manfaat Layanan Konseling Kelompok Dalam Menyelesaikan Masalah Pribadi Siswa. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(2), 19–24. https://doi.org/10.29210/12016261

Fitriani, E., Nurasyah, N., Putri, R. F., Johannes, & Suprianto. (2022). Meningkatkan Hubungan Sosial Mahasiswa Dengan Pendekatan Layanan Konseling Kelompok. Guidance : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 19(01), 9–17. https://doi.org/10.34005/GUIDANCE.V19I1.1858

Harum, A., Saman, A., & Malik, M. A. (2015). Pengembangan Program Sosiometri Sebagai Media Pengungkapan Hubungan Sosial Siswa SMAN 9 Makassar. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 1(2), 105–115. https://doi.org/10.26858/JPKK.V1I2.1539

Haryati, D. (2016). Efektivitas Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas IV SD Inpres BTN IKIP I Makassar. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 3(2), 80–96. https://doi.org/10.24252/auladuna.v3i2a4.2016

Khalilah, E. (2017). Layanan Bimbingan dan Konseling Pribadi Sosial dalam Meningkatkan Keterampilan Hubungan Sosial Siswa. JIGC (Journal of Islamic Guidance and Counseling), 1(1), 41–57. https://jigc.dakwah.uinjambi.ac.id/index.php/jigc/article/view/6

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1984). Drawing Valid Meaning from Qualitative Data: Toward a Shared Craft. Educational Researcher, 13(5), 20–30. https://doi.org/10.3102/0013189X013005020/ASSET/0013189X013005020.FP.PNG_V03

Mu’afa, N., Abdi, S., & Batubara, S. (2019). Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (Rebt) Untuk Meningkatkan Hubungan Sosial. Guidance : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 16(02), 22–28. https://doi.org/10.34005/GUIDANCE.V16I02.727

Nurfirdaus, N., & Hodijah, N. (2018). Studi Tentang Peran Lingkungan Sekolah dan Pembentukan Perilaku Sosial Siswa SDN 3 Cisantana. EDUCATOR, 4(2), 113–129.

Salma, & Mustary, E. (2022). Bimbingan Pribadi-Sosial dalam Meningkatkan Kemampuan Menjalin Relasi Pertemanan Di MTs Kota Parepare. Indonesian Journal of Islamic Counseling, 1(2), 73–79. https://doi.org/10.35905/IJIC.V4I1.3341

Sandrawati, I. (2016). Pengaruh Lingkungan Sosial Siswa Dan Kondisi Ekonomi Orangtua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di SMP Negeri 9 Kota Probolinggo. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 10(2), 245–260.

Seldesani, T., Yanzi, H., & Nurmalisa, Y. (2015). Hubungan Interaksi Sosial dengan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 7 Bandar Lampung. Jurnal Kultur Demokrasi, 3(7), 1–14. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JKD/article/view/9876

Sumiati, A. (2010). Hubungan antara Penerimaan Kelompok Teman Sebaya dengan Prestasi Akademik Mahasiswa pada Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 8(2), 105–118. https://doi.org/10.21831/jep.v7i2.568

Yuliansyah, M., & Herman, M. (2018). Teknik Sosiometri Dalam Asesmen Pelayanan Konseling Pada Kepala Sekolah dan Guru SDN Kuin Selatan 1 Banjarmasin. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman, 4(1), 25–29. https://doi.org/10.31602/JBKR.V4I1.1453

Yulianti, H., Iwan, C. D., & Millah, S. (2018). Penerapan Metode Giving Question and Getting Answer untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 6(2), 197. https://doi.org/10.36667/jppi.v6i2.297

Yusdarini, A. R. D., & Lestari, N. G. A. M. Y. (2020). Penanaman Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Agama Hindu Terhadap Kepribadian Siswa di SMK Negeri 1 Denpasar. Sang Acharya : Jurnal Profesi Guru, 1(2), 92–105. http://103.207.96.36:8056/ojs2/index.php/ppg/article/view/1849

Published
2022-12-30
How to Cite
DunggioA., & NentoA. (2022). Mengetahui Hubungan Sosial Peserta Didik dengan Pendekatan Instrumentasi Sosiometri. Guidance : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 19(02), 56-63. https://doi.org/10.34005/guidance.v19i02.2196