Pengaruh Kegiatan Mentoring Keagamaan Program LSP Untirta terhadap Pengembangan Karakter Jawara Mahasiswa

  • Vika Utami Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Siti Muhibah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Alfiandy Warih Handoyo Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Keywords: Mentoring Keagamaan, Karakter Jawara, Bimbingan dan Konseling

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan yaitu mengetahui bagaimana pengaruh kegiatan mentoring keagamaan dalam program Lingkar Studi Pekanan (LSP) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa terhadap perkembangan karakter jawara pada mahasiswa. Metode penelitian menggunakan survei dengan pendekatan analisis kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa semester 2 tahun ajaran 2021-2022 yang mengampu mata kuliah agama Islam, dengan purposive sampel sebanyak 98 responden. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen angket. Berdasarkan  uji regresi linier sederhana diperoleh hasil sig = 0,000 < 0,05, yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Selanjutnya  nilai R Square = 0,619 yang berarti pengaruh yang dihasilkan sebesar  61,9%. Hasil dalam penelitian ini membuktikan bahwa nilai religius memiliki pengaruh dalam pengembangan karakter, sehingga perwujudan layanan bimbingan dan konseling berbasis religius dapat menjadi salah satu strategi yang mampu mencapai tujuan pengembangan karakter.

References

Abdi, S., Sugiharto, D. Y. P., & Sutoyo, A. S. A. (2019). Group Guidance Based on Gayo Ethnics’ Cultural Values to Improve Students’ Islamic Characters. Jurnal Bimbingan Konseling, 8(2), 112-118.

Aminah, S. (2018). Peran Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Jurnal Profesi Keguruan UNNES, 4(2), 99–103.

Hilmi, M. T. (2022). Tantangan Mahasiswa dalam Menyikapi Revolusi Industri 4.0 serta Tetap Menjaga Kepribadian Muslim yang Berlandaskan Ideologi Aswaja. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 1(1), 67–78.

Husni, M., & Hasyim, M. (2021). Landasan Bimbingan dan Konseling dalam Perspektif Islam. Al-Ibrah, 6(1), 104–124.Jaya, I. M. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Teori, Penerapan, dan Riset Nyata. Quadrant.

Hulukati, W., & Djibran, M. R. (2018). Analisis Tugas Perkembangan Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Jurnal Bikotetik, 02(01), 73–114.

KEMENDIKBUDRISTEK. (2021). Wujudkan Lingkungan Perguruan Tinggi yang Aman dari Kekerasan Seksual. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2021/12/wujudkan-lingkungan-perguruan-tinggi-yang-aman-dari-kekerasan-seksual. Diakses pada tanggal 12 Juli 2022

Muzakkir. (2016). Peranan Nilai-Nilai Dasar Keagamaan Terhadap Pembinaan Karakter Peserta Didik di SMK Negeri 2 Kota Parepare. Al Ishlah: Jurnal Studi Pendidikan, 14(2), 178–199.

Nurdin, & Anhusadar, L. O. (2021). Efektivitas Pembelajaran Online Pendidik PAUD di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 686–697.

Permatasari, R. (2021). Studi Deskriptif Dampak Psikologis Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas PGRI Banyuwangi dalam Penyusunan Skripsi di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Bina Ilmu Cendekia, 2(1), 128–141.

Rochanah. (2018). Implementasi Landasan Religius Dalam Kegiatan Bimbingan Dan Konseling Sebagai Upaya Penanganan Dampak Masa Puber. Jurnal Konseling Edukasi: Journal of Guidance and Counseling, 2(1), 21-42.

Safitri, N. E., & Hasan, S. U. (2018). Strategi Layanan Bimbingan Dan Konseling Dalam Pengembangan Nilai Karakter Religius. Jurnal Konseling Andi Matappa, 2(1), 19–25.

Silalahi, U. (2018). Metodologi Analisis Data Dan Interpretasi Hasil Untuk Penelitian Sosial Kuantitatif. PT Refika Aditama.

Siregar, E. S. (2020). Fakultas dakwah dan ilmu komunikasi. IAIN Padangsidimpuan.Supriadi, S., Wildan, W., & Laksmiwati, D. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pengaruhnya terhadap Perkembangan Karakter Mahasiswa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 63–68.

Suryati, N., & Salehudin, M. (2021). Program Bimbingan Dan Konseling Untuk Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Dan Emosional Siswa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 578–588.

Sulaiman, F., Ridwan, A., Supriyanto, Sirajuddin, Irhamni, & Sudiana, R. (2021). Membumikan Nilai-Nilai Jawara Untirta. In Media Karya Publishing.

Tnunay, I. A. (2022). Efektifitas Model Pendidikan Boarding School terhadap Peningkatan Karakter Kadet Mahasiswa Permesianan Kapal. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 8(1), 689–695.

Published
2022-12-30
How to Cite
UtamiV., MuhibahS., & HandoyoA. (2022). Pengaruh Kegiatan Mentoring Keagamaan Program LSP Untirta terhadap Pengembangan Karakter Jawara Mahasiswa. Guidance : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 19(02), 132-140. https://doi.org/10.34005/guidance.v19i02.2242