Keefektifan Konseling Kelompok Teknik Behavior Contract Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kedisiplinan belajar siswa, salah satunya seperti kurangnya fokus saat pelajaran yang disebabakan oleh lemahnya minat pada pelajaran dan guru. Tujuan penelitian guna mengetahui keefektifan konseling kelompok teknik behavior contract untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Temayang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan one group pretest-posttest design. Subjek penelitian sebanyak 6 siswa. metode pengumpulan data menggunakan skala kedisiplinan belajar. Teknik analisis data menggunakan paired sample uji t-test. Berdasarkan hasil pengolahan data rata-rata skor pretest sebesar 52,83 sedangkan rata-rata skor posttest sebesar 74,67. Hal tersebut membuktikan bahwa terdapat kenaikan skor kedisiplinan belajar sehingga dapat disimpulkan konseling kelompok teknik behavior contract efektif untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Temayang
Copyright (c) 2021 Ahmad Ghulam Ath Thaariq, Ulfa Danni Rosada
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.