Efektivitas Teknik Cognitive Restructuring Untuk Mengurangi Perilaku Bullying Siswa

  • Ayu Annisa Novianti Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Bangun Yoga Wibowo Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Arga Satrio Prabowo Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Keywords: Bullying, Cognitive Restructuring

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan teknik cognitive restructuring yang dilaksanakan melalui layanan konseling individu untuk mengurangi perilaku bullying pada siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Kragilan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Desain eksperimen yang digunakan adalah Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Subjek penelitian merupakan satu orang siswa yang memiliki perilaku bullying dan termasuk kedalam kategori bullying tinggi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif, kemudian ditampilkan dalam bentuk tabel dan grafik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase rata-rata pada baseline 1 sebesar 93% dengan stabilitas 100%, pada kondisi intervensi memperoleh persentase rata-rata sebesar 55% dengan stabilitas 50% dan pada kondisi baseline 2 memperoleh rata-rata sebesar 42% dengan stabiitas 100%. Data tersebut menunjukkan adanya penurunan sebanyak 51% dari kondisi baseline 1 sampai dengan baseline 2 dengan overlap data 0% yang menunjukkan bahwa pemberian intervensi dengan teknik cognitive restructuring dapat berpengaruh baik terhadap penurunan perilaku bullying.

References

Abdi, S., & Mafirja, S. (2019). Pelaksanaan Konseling Kelompok menggunakan Teknik Cognitive Restructuring untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri Siswa SMA Dayah Inshafudin Banda Aceh. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 1(2).

Coloroso, Barbara. (2007). Stop Bullying: Memutus Rantai Kekerasan Anak Dari Pra sekolah Hingga SMU. Jakarta: Serambi

Creswell, J. W. (2012). RESEARCH DESIGN Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Dwi S. Andri. (2018). Efektivitas Konseling Kellompok Untuk Mengatasi Siswa Pelaku Bullying Di SMP 1 Summbergempol Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi. PGRI Kediri: simki.unpkediri.ac.id

Heriyanto. (2014). Persepsi Masyarakat Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Pada Bagian Administrasi Kesejahteraan Rakyat Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul DIY. Skripsi di Jurusan Pendidikan Administrasi Universitas Negeri Yogyakarta.

Juang sunanto. (2005). Penelitian Dengan Subjek Tunggal. Bandung: UPI Press

Kartini Kartono. (1995). Psikologi Anak (Psikologi Perkembangan). Bandung: Mandar Maju

Martin, G., & Pear, J. (2015). Modifikasi perilaku makna dan penerapannya. Edisi kesepuluh. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nasir, A. (2018). Konseling behavioral: Solusi alternatif mengatasi bullying anak di sekolah. Journal of Guidance and Counseling, 72.

Nursalim, M. (2013). Strategi & intervensi konseling. Jakarta: Indeks Akademia Permata

Selvia, F., Sugiharto, D. Y. P., & Samsudi, S. (2017). Teknik cognitive restructuring dan thought stopping dalam konseling kelompok untuk mengurangi perilaku bullying siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 6(1), 20-27.

Shidiqi, M. F. (2013). Pemaknaan bullying pada remaja penindas (the bully) (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS AIRLANGGA).

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Tim KPAI. (2020). Sejumlah kasus bullying sudah warnai catatan masalah anak diawal 2020.

Tim Sejiwa. (2008). Bullying: Panduan bagi Orang Tua dan Guru Mengatasi Kekerasan di Sekolah dan Lingkungan. Jakarta: Grasindo.

Published
2023-06-29
How to Cite
NoviantiA., WibowoB., & PrabowoA. (2023). Efektivitas Teknik Cognitive Restructuring Untuk Mengurangi Perilaku Bullying Siswa. Guidance : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 20(01), 28-38. https://doi.org/10.34005/guidance.v20i01.2399