Gambaran Pentingnya Menggunakan Asas Kerahasiaan dalam Melakukan Layanan Konseling Individu di Desa Timbang Lawan

  • Nurussakinah Daulay Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Aini Jahara Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Akhyar Mauluddin3 Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Annisa Rambe4 Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Wirda Selvya Tambunan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
Keywords: Layanan Konseling, Asas Kerhasiaan

Abstract

Manusia selalu membutuhkan orang lain dalam menjalani kehidupan dengan arti lain manusia hidup bergantung oleh orang lain. manusia selalu berinteraksi dengan orang lain. Dalam menjalani kehidupan, masyarakat tidak lepas dengan adanya masalah. Masalah selalu datang tanpa terduga. Konseling individu yaitu layanan bimbingan dan konseling yang memungkinkan peserta didik atau konseli mendapatkan layanan langsung tatap muka secara perseorangan dengan guru pembimbing dalam rangka pembahasan pengentasan masalah pribadi yang diderita konseli.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah terdapat pengaruh layanan konseling individu dengan menggunakan asas kerahasiaan terhadap masyarakat Desa Timbang Lawan serta mengentaskan masalah yang dihadapi klien. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan menggunakan instrumen berupa wawancara dan observasi. Responden penelitian dilakukan terhadap remaja Desa Timbang Lawan. Hasil penelitian menunjukan bahwa melalui layanan bimbingan konseling indiviud berpengaruh untuk keberlangsungan hidup karna dengan terselesaikannya masalah yang dihadapi, membuat individu menjadi kembali semangat dan percaya diri. Asas Kerahasiaan atau disebut dengan confidential merupakan perilaku konselor untuk  menjaga  rahasian segala data atau informasi tentang diri konseli berkenaan dengan pelayanan konseling.

  Kata Kunci :  Layanan Konseling, Asas Kerahasiaan

References

Abidin, Z. (2009). Optimalisasi Konseling Individu dan Kelompok untuk Keberhasilan Siswa. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 14(1), 132-148.

Abdullah Maruf. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif Untuk Karya Ilmiah. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Abdillah, Henni Syafriana Nasution. (2019). Bimbingan Konseling Konsep Teori dan Aplikasinya. Jakarta: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia.

Amirah Diniaty. (2009). Teori-Teori Konseling. Pekanbaru: Daulat Riau.

Amti, P. (2009). Dasar- Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Bungin, M. Burhan. (2005). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Intermasa.

Fiah Rifda El. (2014). Dasar-Dasar Bimbingan Konseling. Yogyakarta: IDEA Press.

Hartono dan Boy Soedarmadji. (2012). Psikologi Konseling. Jakarta: Kencana

Hellen. (2005). Bimbingan dan Konseling. Jakarta : Quantum Teaching

Kurniati, E. (2018). Bimbingan dan konseling di sekolah; prinsip dan asas. Ristekdik: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(2), 54-60.

Lianawati, A. (2018, October). Implementasi keterampilan konseling dalam layanan konseling individual. In Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Jambore Konseling 3. Ikatan Konselor Indonesia (IKI).

Masdudi. (2015). Bimbingan dan Konseling Prespektif Sekolah. Cirebon: Nurjati Press.

Prayitno, K. P. (2005). Konseling Perorangan. Universitas Negeri Padang.

Prayitno, dkk, (1994), Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta

Purwanti, W., Firman, F., & Sano, A. (2013). Hubungan persepsi siswa terhadap pelaksanaan asas kerahasiaan oleh guru BK dengan minat siswa untuk mengikuti konseling perorangan. Konselor, 2(1).

Rohayati., dkk. (2015), Psikologi Konseling. Jakarta: Gunadarma.

Willis, Sofyan. (2013). Konseling Individual Teori dan Praktek. Bandung : Alfabeta.

Sumarto, Emmi Kholilah Harahap. (2017). Bimbingan Konseling. Jambi: pustaka Ma`arif Press.

Syamila, D., & Marjo, H. K. (2022). Etika Profesi Bimbingan dan Konseling: Konseling Kelompok Online dan Asas Kerahasiaan. Jurnal Paedagogy, 9(1), 116-123.

Zulamri, Z. (2019). Pengaruh Layanan Konseling Individual Terhadap Keterbukaan Diri (Self Disclosure) Remaja Di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Klas II B Pekanbaru. At-Taujih: Bimbingan Dan Konseling Islam, 2(2), 19-36.

Published
2022-12-30
How to Cite
DaulayN., JaharaA., Mauluddin3A., Rambe4A., & TambunanW. (2022). Gambaran Pentingnya Menggunakan Asas Kerahasiaan dalam Melakukan Layanan Konseling Individu di Desa Timbang Lawan. Guidance : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 19(02), 186-193. https://doi.org/10.34005/guidance.v19i02.2421