EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MEREDUKSI PERILAKU AGRESIF SISWA DI SEKOLAH MTS AS-SYAFI’IYAH 05 BEKASI

  • Turheni Komar Universitas Islam As-Syafi'iyah
  • Zahrah Faujiah Karnaen Universitas Islam As-Syafi'iyah
Keywords: Layanan Bimbingan kelompok dengan teknik role playing, perilaku agresi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas layanan bimbingan kelompok dengan
teknik role playing untuk mereduksi perilaku agresif siswa di kelas VII MTS MTS ASSYA’FIIYAH 05 BEKASI
Pendekatan yang dipergunakan adalah pendekatan kuantitatif yang sesuai dengan jenis
penelitian. Dan Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Penelitian ini
bertujuan, untuk mengetahui apakah efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik
role playing untuk mereduksi perilaku agresif kelas VIII siswa di MTS AS-SYA’FIIYAH 05
BEKASI tahun akademik 2016-2017.
Desain yang digunakan adalah non equivalent pretest-posttest desaign control group.
Dari hasil tersebut, didapat 40 butir soal yang dapat digunakan sebagai penelitian dari total 63
butir soal yang ada. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 36 siswa dengan teknik
pengambilan sampel secara sample jenuh. Yang dibagi dari, kelompok kontrol berjumlah 17
siswa dan kelompok eksperimen berjumlah 19 siswa.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang diajukan dapat
diterima. Layanan bimbingan kelompok role playing efektif untuk mereduksi perilaku agresif
kelas VIII di MTS AS-SYA’FIIYAH 05 BEKASI Dengan perhitungan uji 3,432
sementara pada taraf signifikan 0,05 memiliki nilai 1,664berarti > , maka
diterima dan ditolak.
Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah layanan bimbingan kelompok
role playing efektif terhadap mereduksi perilaku agresif siswa kelas VIII di MTS ASSYA’FIIYAH 05 BEKASI. Diharapkan untuk penelitian selanjutnya dalam menyelesaikan
masalah perilaku agresif siswa dengan layanan dan teknik yang lebih berkembang lagi
contohnya menggunakan layanan konseling kelompok dengan teknik role playing ataupun
mempersiapkan layanan dan teknik yang tepat.
Daftar Pustaka: 19 buku (2001-2014), 4 sumber dari internet, 2 Jurnal.

Published
2016-02-01
How to Cite
KomarT., & KarnaenZ. (2016). EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MEREDUKSI PERILAKU AGRESIF SISWA DI SEKOLAH MTS AS-SYAFI’IYAH 05 BEKASI. Guidance : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 13(01), 1-23. Retrieved from https://uia.e-journal.id/guidance/article/view/272