EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK HOMEROOM UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA KELAS VIII DI SMP TERBUKA 17 BEKASI

  • Yusuf Maulana Universitas Islam As-Syafi'iyah
  • Endang Indrayana Universitas Islam As-Syafi'iyah
Keywords: Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Homeroom Dan Kreativitas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya efektifitas bimbingan
kelompok dengan teknik homeroom untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas VIII-2 SMP
Negri 17 Bekasi Tahun pelajaran 2014-2015. Dalam penelitian ini terdapat dua Variabel,
yaitu Bimbingan kelompok dengan teknik homeroom sebagai variabel X dan meningkatkan
kreativitas sebagai variabel Y. penelitian ini dilaksanakan dikelas VIII-1 SMP Negeri 17
Bekasi, dengan populasi sebanyak 360 Siswa, kemudian untuk dijadikan sampel diambil 38
siswa dengan menggunakan teknik pengambilan sampel Cluster Random Sampling. Hasil uji
Validitas didapat pernyataan 36 valid dari 60 pernyataan yang diujikan. Dari hasil uji coba
instrument terhadap 38 responden diperoleh koefisien reliabilitas (r11) sebesar=0.95 pada
taraf signifikansi 5% dengan N =38, diperoleh rtabel = 0.32. karena r11>rtabel, maka
instrument tersebut reliabel dengan tingkat reliabilitas kuat.
Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t dengan hasil, diketahui t-hitung =
3.208 dan t-tabel =2.045, dengan demikian maka t-hitung>t-tabel (3.208>2.045), dimana t-tabel
menggunakan taraf signifikansi 5%.maka hipotesis nihil (Ho) yang menyatakan tidak ada
pengaruh atau ditolak. Sedangkan hipotesis alternatif (Ha) yang menyatakan terdapat
pengaruh yang signifikan antara bimbingan kelompok dengan teknik homeroom untuk
meningkatkan kreativitas siswa diterima.

Published
2016-07-01
How to Cite
MaulanaY., & IndrayanaE. (2016). EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK HOMEROOM UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA KELAS VIII DI SMP TERBUKA 17 BEKASI. Guidance : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 13(02), 50-61. Retrieved from https://uia.e-journal.id/guidance/article/view/280