EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KARIR UNTUK MENINGKATKAN KESIAPAN KERJA SISWA KELAS X ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK YPP, BEKASI

  • Turheni Komar Universitas Islam As-Syafi'iyah
  • Farah Nadia Universitas Islam As-Syafi'iyah
Keywords: bimbingan karir media instruksional, kesiapan kerja

Abstract

Bimbingan karir merupakan salah satu jenis bimbingan yang berusaha membantu individu
dalam memecahkan masalah karir (pekerjaan) untuk memperoleh penyesuaian diri yang
sebaik-baiknya dengan masa depannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data-data
empiris dan informasi efektivitas bimbingan karir dengan media instruksional untuk
meningkatkan kesiapan kerja siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK YPP Bekasi.
Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperiment dengan desain penelitian pretestposttest control group design. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan proballity
sampling dengan cluster random sampling. Sebelum peneliti melakukan penelitian, terlebih
dahulu melakukan try out atau uji coba kepada 31 siswa dengan 60 butir pernyataan, 33
dinyatakan valid & 27 dinyatakan drop. Dan hasil pengujian reliabilitas dengan menggunakan
rumus alpha cronbach adalah r 11 = 1,06385> rtabel dari taraf signifikan 0,05 yaitu 0,361,
berarti butir pada instrumen atau angket reliabel. Validitas data menggunakan product
moment hasil dari uji validitas dengan r 11= 1,06385 r tabel 0,361 artinya, reabilitas alpa
conbha= reliable. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X administrasi perkantoran SMK YPP
Bekasi, dengan populasi sebanyak 114 siswa, kemudian peneliti mengambil 45 siswa untuk
dijadikan sampel berdasarkan hasil pretest.Sampel dibagai menjadi dua kelompok, yaitu 22
siswa untuk kelas eksperimen (pemberian perlakuan) dan 23 siswa untuk kelas
kontrol.Teknik pengumpulan data menggunakan angket kesiapan kerja, observasi, dan
dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan uji-t pada kelompok eksperiment sehingga
mendapatkan hasil thitung 3,4396 berdasarkan taraf signifikan ( = 0,05) dan dk (derajat
kebasan) n1 + n2 – 2 = (22 + 23 – 2 = 43). Dari hasil penelitian terlihat bahwa thitung ≥
ttabel, Nilai thitung lebih besar dari ttabel 3,4396 > 2.018 sehingga hipotesis nihil (Ho) yang
menyatakan “bimbingan karir dengan media instruksional tidak efektif untuk meningkatkan
kesiapan kerja siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK YPP Bekasi” ditolak.
Sedangkan hipotsis (Ha) yang menyatakan “bimbingan karir dengan media instruksional
efektif untuk meningkatkan kesiapan kerja siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK
YPP Bekasi” diterima.

Published
2017-02-01
How to Cite
KomarT., & NadiaF. (2017). EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KARIR UNTUK MENINGKATKAN KESIAPAN KERJA SISWA KELAS X ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK YPP, BEKASI. Guidance : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 14(01), 23-49. Retrieved from https://uia.e-journal.id/guidance/article/view/283