EFEKTIVITASLAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS X SMK AS’SADAH JAKARTA TIMUR TAHUN AJARAN 2016/2017

  • Syari Fitrah Rayaginansih Universitas Islam As-Syafi'iyah
  • Hanna Amanda Universitas Islam As-Syafi'iyah
Keywords: Bimbingan Kelompok, Teknik Assertive Training, Kepercayaan diri

Abstract

Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan
Menggunakan Teknik Assertive Training Untuk Meningkatan Kepercayaan diri Siswa Kelas
XSMK As sa’adah Jakarta Timur Tahun Pelajaran 2016/2017.Skripsi. Program Studi
Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam AsSyafi’iyah.
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan pentingnya siswa untuk memiliki kepercayaan
diri semakin siswa memiliki kepercayaan diri yang tinggi tentu mereka akan mampu
mengembangkan potensi didalam diri mereka.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendapatkan data-data empiris dan informasi
efektifitas layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik Assertive Training
untuk meningkatkan kepercayaan diri pada siswa kelas XSMK As sa’dah Jakarta Timur.
Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian non
equivalent control group design. Subjek penelitian adalah siswa kelas XSMK As sa’adah
tahun ajaran 2016/2017 yang memiliki kepercayaan diri rendah.Subjek penelitian ini
berjumlah 81 orang. Subjek dibagi menjadi dua kelompok yaitu 40 orang menjadi kelompok
eksperimen dan 41 orang menjadi kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data
menggunakan angket kepercayaan diri. Validasi data menggunakanproduct moment yang
diaplikasikan pada ms. Excel. Analisis data menggunakan teknik t-test dengan ms.Excel dan
perhitungan manual.
Berdasarkan hasil analisis menunjukkan thitung=5,24 ttabel=1,66 dengan taraf signifikan
(α = 0,05)dk = n1 + n2 -2 = 40+ 41-2 = 79. Dari hasil penelitian terlihat bahwa
thitung>ttabelsehingga hipotesis alternative (Ha) yang menyatakan “layanan bimbingan
kelompok dengan menggunakan teknikAssertive Training tidak efektif untuk meningkatkan
kepercayaan diri siswa kelas X SMK As sa’adah Jakarta Timur” diterima.
Kesimpulan penelitian eksperimen ini layanan bimbingan kelompok dengan
menggunakan teknikAssertive trainingefektif terhadap peningkatan kepercayaan diri siswa
kelas XSMK As sa’adah Jakarta Timur.

Published
2017-02-01
How to Cite
RayaginansihS., & AmandaH. (2017). EFEKTIVITASLAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS X SMK AS’SADAH JAKARTA TIMUR TAHUN AJARAN 2016/2017. Guidance : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 14(01), 50-56. Retrieved from https://uia.e-journal.id/guidance/article/view/284