EFEKTIVITAS PENDEKATAN ANALISIS TRANSAKSIONAL DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING DALAM MEREDUKSI PERILAKU BULLYING

  • Sabar Lesmana Universitas Islam As-Syafi'iyah
  • Choirul Syalasin Nisa Universitas Islam As-Syafi'iyah
Keywords: Pendekatan Analisis Transaksional, Teknik Role Playing, Bullying

Abstract

Penelitian ini merupakan
penelitian kuasi eksperimen dengan
desain penelitian non equivalent
control group design. Subjek
penelitian adalah siswa kelas XI IPS
SMAN 01 BABELAN tahun ajaran
2016/2017. Subjek penelitian ini
berjumlah 118 orang. Subjek dibagi
menjadi dua kelompok yaitu 59
orang menjadi kelompok eksperimen
dan 59 orang menjadi kelompok
kontrol. Teknik pengumpulan data
menggunakan angket bullying.
Validasi data menggunakan aplikasi
SPSS 15. Analisis data menggunakan
teknik t-test dengan Ms. Excel dan
perhitungan manual.
Dari hasil penelitian terlihat
bahwa thitung≥ ttabel sehingga hipotesis
nihil (H0) yang menyatakan
“pendekatan analisis transaksional
dengan teknik role playing tidak
efektif dalam mereduksi perilaku
bullying siswa kelas XI IPS SMAN
01 BABELAN” ditolak. Kesimpulan
penelitian eksperimen ini pendekatan
analisis transaksional dengan teknik
role playing efektif dalam mereduksi
perilaku bullying siswa kelas XI IPS
SMAN 01 BABELAN

Published
2017-06-01
How to Cite
LesmanaS., & NisaC. (2017). EFEKTIVITAS PENDEKATAN ANALISIS TRANSAKSIONAL DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING DALAM MEREDUKSI PERILAKU BULLYING. Guidance : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 14(02), 10-20. Retrieved from https://uia.e-journal.id/guidance/article/view/287