EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELING UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS XI DI MAN 18 JAKARTA
Abstract
Kemandirian belajar adalah
aktivitas belajar yang di dorong oleh
kemauan sendiri, pilihan sendiri dan
tanggung jawab sendiri tanpa
bantuan orang lain serta mampu
mempertanggung jawabkan
tindakannya, sehingga siswa mampu
melakukan tugas belajar tanpa
ketergantungan dengan orang lain.
Penelitian ini bertujuan untuk
mendapatkan data-data empiris dan
mengetahui efektivitas konseling
kelompok dengan teknik modeling
untuk meningkatkan kemandirian
belajar siswa kelas XI di MAN 18
Jakarta.
Jenis penelitian ini
menggunakan metode kuasi
eksperimen dengan desain penelitian
non equivalent control group design.
Teknik pengambilan sampel dengan
menggunakan purposive sampling.
Sampel diperoleh melalui hasil
pretest. Hasil dari pretest tersebut
peneliti mengambil 67 orang sebagai
subjek penelitian. Subjek di bagi
menjadi dua kelompok yaitu 10
orang menjadi kelompok eksperimen
dan 10 orang menjadi kelompok
kontrol.
Teknik pengumpulan data
menggunakan instrumen penelitian
berupa angket. Jumlah uji coba
variabel Kemandirian belajar (Y)=55
item, Terdapat 7 buah item yang
tidak valid, yang tersisa sebanyak 48
buah item yang akan disebar kepada
responden. Teknik analisis
menggunakan analisis uji t. Dari
hasil penelitian terlihat bahwa
thitung≥ttabel.