EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DESENSITISASI SISTEMATIK UNTUK MEREDUKSI KECEMASAN DALAM MENGHADAPI UJIAN NASIONAL

  • Amir Erwin Universitas Islam As-Syafi'iyah
  • Halida Triadara Universitas Islam As-Syafi'iyah
Keywords: Bimbingan kelompok, Desensitisasi Sistematik, Kecemasan Menghadapi Ujian Nasional

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk
menghasilkan layanan bimbingan
kelompok yang dapat membantu
siswa mereduksi kecemasan dalam
menghadapi ujian nasional.
Khususnya untuk mengetahui
efektivitas bimbingan kelompok
dengan teknik desensitisasi
sistematik untuk Mereduksi
kecemasan siswa dalam menghadapi
ujian nasional di SMK As-Sa’adah.
Penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif menggunkan
metode kuasi eksperimen dengan
desain nonequivalent control group
design. Teknik pengambilan sampel
yang digunakan probability sampling
yaitu cluster random sampling.
Sampel diperoleh melalui hasil pre
test. Populasi berjumlah 61 orang
siswa kelas XII AK. Berdasarkan
hasil dari pre test tersebut peneliti
mengambil 39 orang siswa sebagai
subjek penelitian. Subjek dibagi
menjadi dua kelompok yaitu 19
orang menjadi kelompok eksperimen
dan 20 orang menjadi kelompok
kontrol.
Teknik pengumpulan data
menggunakan instrumen penelitian
berupa angket. Berdasarkan hasil uji
coba angket kecemasan
sebanyak 85 item, terdapat 20 item
yang tidak valid, item yang tersisa
sebanyak 65 item yang akan disebar
kepada responden. Teknik analisa
data menggunakan Uji T.

Published
2017-06-01
How to Cite
ErwinA., & TriadaraH. (2017). EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DESENSITISASI SISTEMATIK UNTUK MEREDUKSI KECEMASAN DALAM MENGHADAPI UJIAN NASIONAL. Guidance : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 14(02), 39-47. Retrieved from https://uia.e-journal.id/guidance/article/view/290