EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING UNTUK MENINGKATKAN SELF ESTEEM SISWA KELAS VIII MTSN 02 KOTA BEKASI

  • Ari Sumitro Universitas Islam As-Syafi'iyah
  • Kisti Khaerani Annisa Universitas Islam As-Syafi'iyah
Keywords: Bimbingan Kelompok, Teknik Assertive Training, Self esteem

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi
dengan pentingnya siswa memiliki
Self esteem yang tinggi, akan
mampu pandangan positif dan
keyakinan atas kemampuan yang
dimiliki akan memberi penghargaan
pada dirinya sendiri sehingga siswa
akan mampu mencapai prestasi dan
sukses dikemudian hari.
Tujuan penelitian ini yaitu
untuk mendapatkan data-data empiris
dan informasi efektifitas bimbingan
kelompokdengan teknik assertive
training untuk meningkatkan Self
esteem siswa kelas VIII MTsN 02
Kota Bekasi
Penelitian ini merupakan
penelitian kuasi eksperimen. Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas VIII
MTsn 02 Kota Bekasi tahun ajaran
2016/ 2017 yang memiliki Self
esteem rendah. subjek penelitian ini
berjumlah 187 orang, subjek dibagi
menjadi dua kelompok yaitu 94
orang menjadi kelompok eksperimen
dan 93 orang menjadi kelompok
kontrol. Teknik pengumpulan data
menggunakan angket Self esteem .
Validasi data menggunakan product
moment yang diaplikasikan pada
ms.excel. analisis data menggunakan
t-test dengan ms.excel dan
perhitungan manual.
Berdasarkan hasil analisis
menunjukan thitung (-70,427) ttabel
(3,94) dengan taraf signifikan (α =
0,05) dk = n1 + n2 -2 = 94 + 94 – 2 =
186. Dari hasil penelitian terlihat
bahwa thitung <ttabelsehingga hipotesis
alternatif (Ha) yang menyatakan
“layanan bimbingan dan konseling
dengan teknik assertive training
efektif untuk meningkatkan Self
esteem siswa kelas VIII MTsN 02
Kota Bekasi” diterima

Published
2019-04-14
How to Cite
SumitroA., & AnnisaK. (2019). EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING UNTUK MENINGKATKAN SELF ESTEEM SISWA KELAS VIII MTSN 02 KOTA BEKASI. Guidance : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 15(01), 1-10. Retrieved from https://uia.e-journal.id/guidance/article/view/292