EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIR SISWA

  • Yusuf Maulana Universitas Islam As-Syafi'iyah
  • Lintang Eka Yanti Universitas Islam As-Syafi'iyah
Keywords: Bimbingan Kelompok, Teknik Diskusi, Pengambilan Keputusan, Pemilihan Karir, Kematangan Karir, Perencanaan Karir

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu
untuk mendapat data-data yang
empiris dan informasi tentang
efektivitas bimbingan kelompok
dengan teknik diskusi untuk
meningkatkan pengambilan
keputusan karir siswa di SMK
Pusaka I Jakarta Timur. Instrumen
penelitian dibuat berdasarkan
indikator dari variabel y dan di uji
validitasnya dengan menggunakan
product moment, hasilnya dari 80
butir angket yang dinyatakan valid
adalah 30 butir.
Penelitian ini merupakan
penelitian kuasi eksperimen dengan
desain penelitian nonequivalent pre
and post-test control group desaign.
Sampel penelitian adalah siswa kelas
XII Jurusan Administrasi
Perkantoran SMK Pusaka I Jakarta
Timur tahun pelajaran 2016/2017
yang memiliki tingkat pengambilan
keputusan rendah. Sampel penelitian
ini berjumlah 63 orang, sampel
dibagi menjadi dua kelompok yaitu
32 orang menjadi kelompok
eksperimen dan 31 orang menjadi
kelompok kontrol. Teknik
pengumpulan data menggunakan
angket pengambilan keputusan karir.
Analisa data menggunakan teknik ttest dengan Misrosoft Excell dan
perhitungan manual.

Published
2018-06-01
How to Cite
MaulanaY., & YantiL. (2018). EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIR SISWA. Guidance : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 15(01), 11-19. Retrieved from https://uia.e-journal.id/guidance/article/view/293