EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK RESTRUKTURISASI KOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN KONSEP DIRI SISWA KELAS X MULTIMEDIA SMK PUSAKA JAKARTA

  • Al-Halik Na Universitas Islam As-Syafi'iyah
  • Minarti Na Universitas Islam As-Syafi'iyah
Keywords: Bimbingan kelompok teknik restrukturisasi kognitif, konsep diri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk
mendapatkan data-data empiris dan
informasi efektivitas bimbingan
kelompok dengan teknik
restrukturisasi kognitif untuk
meningkatkan konsep diri siswa
kelas X SMK Pusaka 1 Jakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian
quasi eksperimen dengan desain
pretest-posttest control group design.
Subjek penelitian adalah siswa kelas
X Multimedia SMK Pusaka 1 Jakarta
tahun pelajaran 2016/2017 yang
memiliki tingkat konsep diri tinggi
maupun rendah. Subjek penelitian ini
berjumlah 78 orang. Subjek dibagi
menjadi dua kelompok yaitu 40
orang menjadi kelompok eksperimen
dan 38 orang menjadi kelompok
kontrol.
Teknik pengumpulan data
menggunakan angket konsep diri.
Validitas data menggunakan product
moment. Analisis data menggunakan
teknik t-test dengan ms.Excel dan
perhitungan manual. Berdasarkan
hasil analisis menunjukan thitung =
2,6911 ttabel=1,664 dengan taraf
signifikan ( = 0,05) dk= n1 + n2 – 2
= 40 + 38 – 2 = 76.
Dari hasil penelitian terlihat
bahwa thitung ≥ t tabel sehingga
hipotesis nihil (Ho) yang menyatakan
“bimbingan kelompok dengan teknik
restrukturisasi kognitif untuk
meningkatkan konsep diri kelas X
SMK 1 Jakarta” ditolak. Sedagkan
hipotsis alternative (Ha) yang
menyatakan “bimbingan kelompok
dengan teknik restrukturisasi kognitif
untuk meningkatkan konsep diri
kelas X SMK 1 Jakarta” diterima.
Kesimpulan penelitian eksperimen
ini bimbingan kelompok dengan
teknik restrukturisasi kognitif dapat
untuk meningkatkan konsep diri
siswa kelas X SMK Pusaka 1 Jakarta
dapat diterima

Published
2018-06-01
How to Cite
NaA.-H., & NaM. (2018). EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK RESTRUKTURISASI KOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN KONSEP DIRI SISWA KELAS X MULTIMEDIA SMK PUSAKA JAKARTA. Guidance : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 15(01), 20-32. Retrieved from https://uia.e-journal.id/guidance/article/view/294