EFEKTIVITAS PELAKSANAAN KONSELING TEMAN SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP TULUS BHAKTI BEKASI

  • Thrisia Febrianti Universitas Islam As-Syafi'iyah
  • Mustikah Rahmah Universitas Islam As-Syafi'iyah
Keywords: Konseling teman sebaya. Kemandirian belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk
mendapatkan data-data empiris dan
mengetahui efektivitas pelaksanaan
konseling teman sebaya untuk
meningkatkan kemandirian belajar
siswa kelas VIII di SMP Tulus
Bhakti Bekasi. Jenis penelitian ini
menggunakan metode kuasi
eksperimen dengan desain penelitian
non equivalent control grub design.
Teknik pengambilan sampel
dengan menggunakan probability
sampling dengan cluster random
sampling. Penelitian ini dilaksanakan
di kelas VIII SMP Tulus Bhakti,
dengan populasi sebanyak 180 siswa,
kemudian peneliti mengambil untuk
dijadikan sampel sebanyak 90 siswa
berdasarkan hasil pretest. Sampel
dibagi menjadi dua kelompok yaitu
45siswa untuk kelas eksperimen dan
45siswa untuk kelas kontrol.
Teknik analisa data
menggunakan uji-t pada kelompok
eksperiment sehingga mendapatkan
hasilthitung= 4,1248 berdasarkan pada
taraf signifikan α=0,05 dan dk
(derajat kebebasan) n1 + n2 -2 =
(45+45-2=88), dari hasil penelitian
terlihat bahwa thitung>ttabel, Nilai thitung
lebih besar dari ttabel (4.1248> 1,982).

Published
2018-06-01
How to Cite
FebriantiT., & RahmahM. (2018). EFEKTIVITAS PELAKSANAAN KONSELING TEMAN SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP TULUS BHAKTI BEKASI. Guidance : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 15(01), 33-42. Retrieved from https://uia.e-journal.id/guidance/article/view/295