EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SENAM OTAK UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah
untuk mendapatkan informasi dan datadata empiris tentang Efektivitas
Bimbingan Kelompok Melalui Teknik
Sosiodrama Untuk Meningkatkan
Kepercayaan Diri Siswa Di SMAN 103
Jakarta. Instrumen penelitian dibuat
berdasarkan indikator dari variable y
dan di uji validitasnya dengan
menggunakan product moment, hasilnya
dari 60 butir angket yang di nyatakan
valid adalah 46 butir.
Metode penelitian ini adalah
kuasi eksperimen dengan design
penelitian nonequivalent pre and
posttest control group design. Subjek
penelitian adalah siswa kelas X IPS
SMAN 103 Jakarta tahun ajaran
2016/2017 yang memiliki tingkat
kepercayaan diri yang rendah. Dengan
jumlah populasi sebesar 22 orang dan
subjek penelitian ini berjumlah 20
orang. Subjek dibagi menjadi dua
kelompok yaitu 10 orang menjadi
kelompok kontrol dan 10 orang menjadi
kelompok eksperimen