EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PERMAINAN UNTUK MENINGKATKAN SIKAP KEPEMIMPINAN SISWA

  • Sulistiasih Na Universitas Islam As-Syafi'iyah
  • Nurlaela Rahmawati Universitas Islam As-Syafi'iyah
Keywords: sikap kepemimpinan, teknik permainan, bimbingan kelompok, ekstrakurikuler pramuka.

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu
untuk mengetahui efektivitas
bimbingan kelompok dengan teknik
permainan dalam kegiatan
ekstrakurikuler kepramukaan
terhadap pembentukan sikap
kepemimpinan siswa SMP Tulus
Bhakti Bekasi tahun ajaran 2016-
2017.
Penelitian ini mengunakan
kuasi eksperimen. Desain penelitian
nonequivalent pretest posttest
control group design. Teknik
pengambilan samplingnya yaitu
dengan stratified sampling. Populasi
yang diambil berjumlah 54 siswa
dengan sampel yang dipilih
berjumlah 47 siswa yaitu siswa pada
ekstrakurikuler pramuka di SMP
Tulus Bhakti tahunajaran 2016/2017.
Dan dibagi menjadi 24 siswa
kelompok eksperimen dan 23 siswa
kelompok kontrol.
Hasil penelitian menunjukan
bahwa terdapat peningkatan yang
signifikan pada sikap kepemimpinan
siswa dari sebelum diberikan
treatment (pretest) dan setelah
diberikan treatment (post test)
kelompok eksperimen atau kelompok
yang diberikan treatment dengan
teknik permainan dalam bimbingan
kelompok yaitu dibuktikan dengan
hasil uji normalitas yaitu
menunjukan Lhitung 0.1312562 < dari
Ltabel 0,1808 pada pretest dan
menunjukan Lhitung 0.1201657 < dari
Ltabel 0,1808 yang menandakan
bahwa uji normalitas berdistribusi
normal, uji homogenitas yang
menunjukan Fhitung 0,4063 < Ftabel
2,00 menyatakan bahwa berdistribusi
homogen, dan pada uji t
menunjukkan thitung (13,77) > ttabel
(1,679), maka H0 ditolak dan Ha
diterima.

Published
2018-07-02
How to Cite
NaS., & RahmawatiN. (2018). EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PERMAINAN UNTUK MENINGKATKAN SIKAP KEPEMIMPINAN SISWA. Guidance : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 15(02), 30-42. Retrieved from https://uia.e-journal.id/guidance/article/view/299