EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS XI SMAN 1 SIMPENAN KABUPATEN SUKABUMI
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan pentingnya siswa yang memiliki
disiplin belajar yang tinggi, akan mampu melaksanakan tugas-tugas dan
menyelesaikan masalah terutama belajar sehingga siswa mencapai prestasi
dibidang tertentu dan sukses dikemudian hari.Tujuanpenelitianini yaitu untuk
mendapatkan data-data empiris dan informasi efektifitas layanan
bimbingankelompokdengan teknik self management untuk meningkatkan
kedisiplinan belajar pada siswa kelas XI SMAN 1 Simpenan KabSukabumi.
Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain
penelitian non equivalent control group design. Subjek penelitian adalah siswa
kelas XI SMAN 1 Simpenan tahun ajaran 2016/2017 yang memiliki kedisiplinan
belajar rendah.Subjekpenelitianini berjumlah 76 orang. Subjek dibagi menjadi dua
kelompok yaitu 38 orang menjadi kelompok eksperimen dan 38 orang menjadi
kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan angket disiplin
belajar. Validasi data menggunakanproduct moment yang diaplikasikan pada ms.
Excel. Analisis data menggunakan teknikt-test dengan ms.Exceldan perhitungan
manual.
Berdasarkanhasilanalisismenunjukkan thitung=0,786 ttabel=1,66 dengan taraf
signifikan (α = 0,05) dk = n1 + n2 -2 = 38 + 38 – 2 = 74. Dari hasil penelitian
terlihat bahwa thitung≤ ttabelsehingga hipotesis nihil (H0) yang menyatakan “layanan
bimbingan kelompok dengan teknik self management tidak efektif untuk
meningkatkan kedisiplinan belajar siswa kelas XI SMAN 1 Simpenan
Kab.Sukabumi” ditolak.
Kesimpulan penelitian eksperimen ini layanan bimbingan kelompok
dengan teknik self management efektif terhadap peningkatan kedisiplinan belajar
siswa kelas XI SMAN 1 Simpenan Kab.Sukabumi