Pengembangan E-modul sebagai sarana informasi Perencanaan Karir siswa di UPT SPF SMPN 49 Makassar

Penelitian Pengembangan

  • Anugrah Agustina Universitas Negeri Makassar
Keywords: Sarana Informasi, Perencaan Karir

Abstract

 

Penelitian ini mengembangkan E-Modul Sebagai Layanan Informasi Perencanaan Karier Siswa di UPT SPF SMPN 49 Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana gambaran kebutuhan e-modul untuk meningkatkan perencanaan karir siswa di UPT SPF SMPN 49 Makassar? (2) Bagaimana prototipe e-modul untuk meningkatkan kemampuan perencanaan karir siswa di UPT SPF SMPN 49 Makassar? (3) Bagaimana tingkat validitas e-modul untuk meningkatkan kemampuan perencanaan karir siswa di UPT SPF SMPN 49 Makassar? (4) Bagaimana tingkat kepraktisan e-modul untuk meningkatkan kemampuan perencanaan karir siswa di UPT SPF SMPN 49 Makassar? Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Mengetahui gambaran kebutuhan e-modul di UPT SPF SMPN 49 Makassar untuk meningkatkan kemampuan perencanaan karir. (2) Mengetahui prototipe e-modul untuk meningkatkan kemampuan perencanaan karir  siswa di UPT SPF SMPN 49 Makassar. (3) Mengetahui validitas e-modul untuk meningkatkan kemampuan perencanaan karir  siswa di UPT SPF SMPN 49 Makassar. (4) Mengetahui kepraktisan e-modul untuk meningkatkan kemampuan perencanaan karir siswa di UPT SPF SMPN 49 Makassar. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (RnD) dengan model pengembangan Borg dan Gall yang dimodifikasi oleh peneliti. Subyek penelitian ini adalah subyek pada analisis kebutuhan, subyek pada uji validitas dan subyek pada uji kepraktisan. Jenis instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah data analisis kebutuhan, data validitas, dan data kepraktisan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis angket kebutuhan, analisis angket validitas, dan analisis angket kepraktisan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-modul perencanaan karir yang dikembangkan telah valid dan praktis untuk digunakan dalam pemberian layanan bimbingan dan konseling di UPT SPF SMPN 49 Makassar, berdasarkan uji akseptabilitas yang meliputi kegunaan, kelayakan dan ketepatan.

 

References

Abdul Majid. (2012), Srategi pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya, , Bandung

Ahmad Sudrajat, (2008). Menyoal tentang Ruang Bimbingan Konseling di Sekolah http://www.psb-psma.org/content/blog/menyoal-tentang-ruang-bimbingan-dankonseling-di-sekolah

Achmad, H. (2005). Manajemen Bimbingan dan Konseling di SMP, Jakarta: Grasindo.

Andi Prastowo, (2012), Metode Penelitian Kualitatif Dalam Perspektif Rancangan Penelitian” Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

A. Muri Yusuf. (2005). MetodologiPenelitian. Padang: UNP

Aqib, Z., &Sujak. 2012. Panduan dan Aplikasi Pendidikan Karakter.Bandung: Penerbit Yrama Widya.

Borg, W. R. & M. D. Gall. (2014). Educational Research: An Introduction. Fifth Edition. New York and London: Longman

Chamid, Abdul. dan Rochmanudin. (2010). Lulus SMP/MTS?. Yogyakarta: Paramitra Publishing.

Corey, Gerald. (2006). Teori dan Praktek Konseling & Psikoterapi. Terjemah E. Koswara. Bandung. Refika Aditama.

Darma, Surya. (2008). Penulisan Modul. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan Direktorat Jendral Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasiona.

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Teknik Penyusunan Modul. Jakarta: Direktorat Jendaral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Ghassani, M., Ni’matuzahroh, dan Anwar, Z. (2020). Meningkatkan Kematangan Karier Siswa SMP Melalui Pelatihan Perencanaan Karier. Jurnal Intervensi Psikologi, 12(2).

Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 21. Badan Penerbit Universitas Diponegoro Semarang.

Harahap, D. (2019). Konsep Pengambilan Keputusan Karier. Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam. Vol.1(1).

Hilyatul, Ali. (2013). Pengaruh Mutu Pelayanan Guru dan Biaya Pribadi Terhadap Kepuasan Siswa Pada SMP Swasta Se-Tasikmalaya, Jakarta: Universitas Pendidikan Indonesia.

Juliyanti, R., & Azizah, N. (2021). Motivasi Pilihan Karir bagi Remaja pada Masa Pandemi Covid-19. Anteroir Jurnal, 20(2).

Kemdikbud. (2013). Pedoman Peminatan Peserta Didik. Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan.

Mahara, B. (2020). Penggunaan Modul Pemahaman Diri Tentang Karir Dalam Layanan Klasikal Untuk Meningkatkan Kemampuan Perencanaan Karir. Jurnal Bimbingan dan Konseling. Universitas Syiah Kuala, 5(1).

Ramadhani, S. A. (2021). Pengembangan Media Video Pada Layanan Bimbingan Klasikal Untuk Meningkatkan Kematangan Karir Siswa Kelas VII SMPN 1 Imogiri. Seminar Nasional “Bimbingan dan Konseling Islami” (pp, 998 - 1010). Yogyakarta : Universitas Ahmad Dahlan.

Sukardi, Dewa Ketut. (1987). Bimbingan Karier di Sekolah – sekolah. Jakarta: Balai Pustaka.

Sukardi, Dewa Ketut. (2008). Pengantar Pelaksanaan program bimbingan dan konseling, Jakarta, PT Rineka cipta.

Supriatna, M. (2009). Layanan Bimbingan Karir di Sekolah Menengah. Bandung:Depdiknas dan UPI

Savickas (2002). Career construction:A development theory of vocational behavior. In D. Brown (Ed.), Career choice and development (4th ed., oo. 225-311). San Fransisco, CA : Jossey-Bass.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung : IKAPI

Surya, M. (1988). Pokok-Pokok Bimbingan Karir. Jurusan Psikogi Pendidikan dan Bimbingan FIP IKIP Bandung.

Tjiptiany, E. N, As‟ari A. R. & Muksar M. (2016). “Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Inkuiri Untuk Membantu Siswa SMA Kelas X Dalam Memahami Materi Peluang”. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian dan Pengembangan, 10(1), 1938-1942.

Wardhani, N. A., Isti’adah, F. N., & Arumsari, C. (2020). Efektivitas Layanan Informasi Dengan Menggunakan Teori Karier John Lewis Holland Terhadap Pengambilan Keputusan Karier Siswa SMP. Quanta, 4(2).

Winkel. (2004). Pengantar Bimbingan dan Konseling (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama,1987),hal 105 Slameto,Bimbingan diSekolah Salatiga: PT Bina Aksara,1986),hal 60.

Zaini, A., Dianto, M., & Mulyani, R. R. (2020). Pentingnya Penggunaan Media Bimbingan dan Konseling dalam Layanan Informasi. (online). http://conference.um.ac.id/index.php/bk/article/view/68

Published
2023-12-31
How to Cite
AgustinaA. (2023). Pengembangan E-modul sebagai sarana informasi Perencanaan Karir siswa di UPT SPF SMPN 49 Makassar. Guidance : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 20(02), 253-264. https://doi.org/10.34005/guidance.v20i02.3153