Pengembangan E-Modul Bimbingan Klasikal untuk Meningkatkan Psychological Well Being Siswa di MTs DDI Walimpong

  • Nurfahmidiniya S Universitas Negeri Makassar
  • Abdullah Sinring Universitas Negeri Makassar
  • Sahril Buchori Universitas Negeri Makassar
Keywords: Bimbingan Klasikal, Psychological Well Being

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui gambaran kebutuhan, menghasilkan prototipe, dan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas pengembangan E-Modul Bimbingan Klasikal untuk Meningkatkan Psychological Well Being Siswa di MTs DDI Walimpong. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Borg and Gall. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu observasi, wawancara dan angket yang terdiri dari angket validasi dan angket uji coba. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data deskriptif dan analisis data kuantitatif. Hasil dari penelitian ini memperlihatkan bahwa: 1) Gambaran kebutuhan terhadap Media E-Modul Bimbingan Klasikal untuk Meningkatkan Psychological Well Being Siswa di MTs DDI Walimpong sangat dibutuhkan dan perlu mengembangkan Media layanan bimbingan yang dapat digunakan Guru Bimbingan dan Konseling maupun Siswa. 2) Prototipe E-Modul layanan Bimbingan klasikal memiliki item menu dalam website; profil penyusun, panduan penggunaan e-modul, kata pengantar, modul Siswa dan modul Guru,dan Daftar Pustaka. 3) E-modul layanan bimbingan yang telah dikembangkan menunjukkan tingkat validitas dan kepraktisan yang masuk ke dalam kategori yang tepat. Dengan demikian, E-Modul bimbingan klasikal dapat dianggap sah dan dapat diandalkan sebagai media bimbingan dan konseling khususnya  untuk meningkatkan psychological well being Siswa.

 

Kata Kunci: R&D, E-Modul, Psychological Well Being

References

Ardila, Mudjiran, & Irianto. 2019. Tingkat Psychological Well-Being Keluarga Miskin Kota Padang. Jurnal Socius: Journal of Sociology Research and Education. Vol. 7, No. 1 (Juni 2019), h. 13-22.

Ardilla, M. 2021. Pengembangan Modul Bimbingan Dan Konseling Untuk Meningkatkan Psychological Well-Being Keluarga Miskin. Tesis. Padang: Universitas Negeri Padang.

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Derang, Novitarum & Cindia, 2023. Hubungan Spiritualitas Dengan Psychological Well-Being Pada Siswa Smp Swasta Assisi Medan Tahun 2022. Jurnal Cakrawala Ilmiah. Vol. 2, No. 7 (Maret 2023), h. 2863-2877.

Dwiyanti, Supriatna & Marini. 2021. Studi Fenomenologi Penggunaan E-Modul Dalam Pembelajaran Daring Muatan Ipa Di Sd Muhammadiyah 5 Jakarta. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. Vol. 6, No. 1 (Juni 2021), h. 74-88.

Fadilah & Sulistyowati. 2022. Keefektifan dan Respon Peserta Didik Terhadap Bahan Ajar e-Modul Berbasis Aplikasi Flip Pdf Corporate. Jurnal Pendidikan Tambusai. Vol. 6, No.1 (2022), h. 4014-4024.

Fauzi & Nugraha. 2022. E-Modul Berbasis Education for Sustainable Development Topik Hidroponik untuk Siswa Sekolah Dasar. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol. 9, No. 4 (Desember 2022), h. 661-672.

Hardjo, Aisyah & Mayasari, 2020. Bagaimana Psychological well being Pada Remaja ? Sebuah Analisis Berkaitan Dengan Faktor Meaning In Life. Jurnal Diversita. Vol. 6, No. 1 (Juni 2020), h. 63-76.

Hartono & Saifuddin. 2021. Spiritualitas Dan Tipe Kepribadian Berhubungan Dengan Psychological Well-Being Remaja Di Sekolah Menegah Pertama Yogyakarta. Jurnal Penelitian Perawat Profesional. Vol. 3, No. 2 (Mei 2021), h. 421-428.

Herawati & Muhtadi, 2020. Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul) Interaktif Pada Mata Pelajaran Kimia Kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan. Vol. 5, No. 2 (Oktober 2018), h. 180-191.

Huda, R.R.M & Ardiyan, L. 2022. Rancangan Implementasi Prema+ dalam Layanan Bimbingan dan Konseling untuk Pencegahan Bullying dan Peningkatan Wellbeing Siswa. Jurnal Syntax Transformation. Vol.3, No. 6 (Juni 2022), h. 877-887.

Ifdil, Sari & Putri 2020. Psychological Well-Being Remaja Dari Keluarga Broken Home. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling. Vol. 5, No. 1 (2020), h. 35-44.

Kamalia, Suyati & Maulia, 2020. Layanan Bimbingan Klasikal Berbasis Daring Selama Masa Pandemik Covid 19. Dharmas Education Journal. Vol. 1, No. 2 (Desember 2020), h. 96-106.

Khoiriyah, Azizah & Muhid. 2021. Layanan Bimbingan Klasikal Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Ditengah Pandemi Covid-19: Literatur Review. Jurnal Consulenza: Jurnal Bimbingan Konseling dan Psikologi. Vol. 4, No. 1 (2021), h. 11-19.

Masrida & Ifdil. 2020. Kondisi Psychological Well-Being Siswa yang Berperilaku Konsumtif. Jurnal Aplikasi IPTEK Indonesia. Vol. 4, No. 3 (November 2020), h. 195-204.

Multisari, W. dkk. 2022. Psychological Well-Being of Students in Completing their Final Projects. Pegem Journal of Education and Instruction. Vol. 13, No. 1 (2022), h. 259-266.

Prameswari & Muhid. 2022. Dukungan Sosial Untuk Meningkatkan Psychological Well Being Anak Broken Home : Literature Riview. Jurnal Psimawa. Vol. 5, No. 1 (Juni 2022), h. 1-9.

Puspitasari, 2019. Penerapan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Modul Cetak Dan Modul Elektronik Pada Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika. Vol. 7, No. 1 (Maret 2019), h. 17-25.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). Alfabeta : Bandung.

Suryanti & Utami. 2021. Layanan bimbingan klasikal Berbasis nilai karakter untuk mengembangkan kemandirian Mahasiswa dalam pandemic covid-19. Surakarta: UNISRI Press.

Vestalia, dkk. 2021. Meningkatkan Perencanaan Karir Siswa Kelas IX Melalui Bimbingan Klasikal. Jurnal Pengabdian Masyarakat. Vol. 1, No. 3 (April 2021), h. 428-437.

Wulandari, I & Megawati, F. E. 2019. The Role of Forgiveness on Psychological Well-Being in Adolescents. Advances in Social Science, Education and Humanities Research. Vol. 395. h. 99-103.

Yahya, M. 2017. Modul Pengembangan Psychological Well-Being pada Mahasiswa Perfeksionis. Calyptra: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya. Vol. 6, No. 1 (2017), h. 1423-1444.

Yuliani, 2018. Konsep Psychological Well-Being Serta Implikasinya Dalam Bimbingan Dan Konseling. Journal of Innovative Counseling. Vol. 2, No. 2 (2018), h. 51-56.

Published
2023-12-31
How to Cite
SN., SinringA., & BuchoriS. (2023). Pengembangan E-Modul Bimbingan Klasikal untuk Meningkatkan Psychological Well Being Siswa di MTs DDI Walimpong. Guidance : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 20(02), 188-203. https://doi.org/10.34005/guidance.v20i02.3200