Bullying dan Penanganannya

Studi Kasus Pada Siswa Di Mts. Sultan Hasanuddin Kabupaten Gowa

  • Nurwalidah Noviyanti Universitas Negeri Makassar
Keywords: bullying behavior, pendekatan konseling behavioral, metode self-talk

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui: (1) Gambaran perilaku bullying pada siswa, (2) Faktor penyebab perilaku bullying pada siswa, (3) Dampak perilaku bullying pada siswa, (4) Penanganan perilaku bullying di MTs. Sultan Hasanuddin Kab. Gowa. Jenis penelitian ini adalah penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Instrumen penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Gambaran perilaku bullying berupa bullying verbal seperti mengejek, memanggil dengan nama julukan dan memanggil dengan nama orangtua, (2) Faktor penyebab perilaku bullying adalah lingkungan sekolah, lingkungan sosial dan faktor pribadi, (3) Dampak perilaku bullying bagi pelaku pada hubungan sosialnya, siswa yang lain ikut-ikutan berperilaku bullying, (4) Upaya penanganan yang dilakukan peneliti dengan pemberian konseling menggunaan teknik Selftalk dilaukan untuk memberikan sugesti atau dorongan motivasi kepada diri sendiri untuk bertindak seperti apa yang diharapkan agar tidak melaukan perilaku bullying. Hal tersebut menunjukkan bahwa penanganan yang dilakukan dengan teknik Selftalk memberikan dampak positif terhadap penurunan intensitas perilaku bullying yang dilakukan.

Published
2023-12-31
How to Cite
NoviyantiN. (2023). Bullying dan Penanganannya. Guidance : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 20(02), 298-309. https://doi.org/10.34005/guidance.v20i02.3314