Bullying dan Penanganannya

Studi Kasus Pada Siswa Di Mts. Sultan Hasanuddin Kabupaten Gowa

  • Nurwalidah Noviyanti Universitas Negeri Makassar
Keywords: bullying behavior, pendekatan konseling behavioral, metode self-talk

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui: (1) Gambaran perilaku bullying pada siswa, (2) Faktor penyebab perilaku bullying pada siswa, (3) Dampak perilaku bullying pada siswa, (4) Penanganan perilaku bullying di MTs. Sultan Hasanuddin Kab. Gowa. Jenis penelitian ini adalah penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Instrumen penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Gambaran perilaku bullying berupa bullying verbal seperti mengejek, memanggil dengan nama julukan dan memanggil dengan nama orangtua, (2) Faktor penyebab perilaku bullying adalah lingkungan sekolah, lingkungan sosial dan faktor pribadi, (3) Dampak perilaku bullying bagi pelaku pada hubungan sosialnya, siswa yang lain ikut-ikutan berperilaku bullying, (4) Upaya penanganan yang dilakukan peneliti dengan pemberian konseling menggunaan teknik Selftalk dilaukan untuk memberikan sugesti atau dorongan motivasi kepada diri sendiri untuk bertindak seperti apa yang diharapkan agar tidak melaukan perilaku bullying. Hal tersebut menunjukkan bahwa penanganan yang dilakukan dengan teknik Selftalk memberikan dampak positif terhadap penurunan intensitas perilaku bullying yang dilakukan.

References

Afrizal. (2017). Metode Penelitian Kualitatif (Cet.IV). Bandung: PT. Rajagrafindo Persada.

Amanda, Viola. Dkk. (2020). Bentuk dan dampak perilaku bullying terhadap peserta didik. Jurnal kepemimpinan dan pengurusan sekolah. 19-32. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SNBK/article/view/3443

Asfiyah. (2022). Metode Self Talk Untuk Menurunkan Perilaku Bullying Siswa Self Talk Method To Reduce Student Bullying Behavior. Islamic Education and Counseling Journal. 1 (1).

Bradley. (2015). 40 Teknik Yang Harus Diketahui Setiap Konselor, Yogyakarta: Pustaka.

Corey, G. (2007). Teori Dan Praktek Konseling & Psikoterapi. Bandung: Refika Aditama.

Emzir. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Cet. IV. Jakarta : Rajawali Pers.

Erford. B.T. (2017). 40 Teknik Yang Harus Diketahui Setiap Guru Bimbingan dan Konseling. Celeban Timur: Pustaka Pelajar.

Marhani, dkk. (2018). Efektivitas Pelatihan Self-Talk Untuk Meningkatkan Harga Diri Remaja 75 Korban Bullying (Studi Pada Siswa Smp X Pasar Minggu), Inspiratif Pendidikan 7, https://doi.org/10.24252/ip.v7i1.4 929.

Moleong, L.J. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Peren, S. (2022). Membaca Statisik Tentang Kasus Bullying di Indonesia https://www.depoedu.com/2022/12/13/edu- talk/membaca-statistik-tentang-kasus- bullying-di-indonesia/

Rahardjo, M. (2017). Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif: Konsep dan Prosedurnya.

Yusuf, A., & Haslinda. (2019). Implementasi Teknik Teknik Kursi Kosong Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa di SMP Negeri 1 Pangkep. Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar. 2 No. 1, 158-166

Published
2023-12-31
How to Cite
NoviyantiN. (2023). Bullying dan Penanganannya. Guidance : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 20(02), 298-309. https://doi.org/10.34005/guidance.v20i02.3314