Analisis Self Regulated Learning Strategies Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 11 Semarang

  • Naifa Shafrinia Universitas PGRI Semarang
  • Siti Fitriana Universitas PGRI Semarang
Keywords: self regulated, learning strategies

Abstract

Self Regulated Learning Strategies  merupakan bagian dari Self Regulated Learning yang biasa diartikan dengan sebutan strategi regulasi diri dalam belajar. Self Regulated Learning (regulasi diri dalam belajar) digambarkan juga sebagai strategi-strategi yang digunakan siswa untuk mengatur kognisinya serta penggunaan strategi mengelola sumber pengetahuan untuk memperoleh hasil belajarnya. Penelitian ini fokus untuk mengetahui bagaimana tingkat Self Regulated Learning Strategies  pada siswa kelas XI SMA Negeri 11 Semarang. Menggunakan metode kuantitatif, jenis/pendekatan penelitian survey. Teknik analisis data berupa teknik analisis deskriptif. Populasi penelitian siswa kelas XI SMA Negeri 11 Semarang, menggunakan Purposive Sampling dengan teknik pengambilan jumlah sampel dari populasi menggunakan rumus slovin didapatkan 82 sampel, alat ukur yang digunakan yaitu dengan Self Regulated Learning Strategies adaptasi dari instrumen Motivated Strategies for Learning Questionnare (MLSQ berbentuk skala likert. Hasil yang diperoleh melalui penelitian ini menunjukkan bahwa self regulated learning strategies pada siswa kelas XI SMA Negeri 11 Semarang berada pada kategori tinggi.Self Regulated Learning Strategies

References

Broadbent, J., & Poon, W. L. (2015). Self-regulated learning strategies & academic achievement in online higher education learning environments: A systematic review. Internet and Higher Education, 27, 1–13. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2015.04.007

Carmen, M., & Torres, G. (2004). Self-Regulated Learning : Current and Future Directions Fermín Torrano Montalvo. Electornic Journal of Research in Educational Psychology, 2(1), 1–34.

Cheng, E. C. K. (2011). The role of self-regulated learning in enhancing learning performance. The International Journal of Research and Review, 6(1), 1–17.

Deep, A. (2021). Patterns of Strategy Use and Self Regulation Conduct After Self Regulated Learning. International Journal of Multidisciplinary Educational Research, 10(11), 52–64.

Dinata, P. A. C., Rahzianta, R., & Zainuddin, M. (2016). Self regulated leraning sebagai strategi membangun kemandirian peserta didik dalam menjawab tantangan abad 21. Prosiding SNPS (Seminar Nasional Pendidikan Sains), 3(0), 139–146. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snps/article/view/9829

Friskilia, O., & Winata, H. (2018). Regulasi Diri (Pengaturan Diri) Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(1), 184. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i1.9454

Howse, R. B., Lange, G., Farran, D. C., & Boyles, C. D. (2003). Motivation and self-regulation as predictors of achievement in economically disadvantaged young children. Journal of Experimental Education, 71(2), 151–174. https://doi.org/10.1080/00220970309602061

Kristiyani, T. (2016). Self-Regulated Learning Konsep, Implikasi dan Tantangannya bagi Siswa di Indonesia. Sanata Dharma University Press Anggota APPTI.

Latipah, E. (2010). Strategi Self Regulated Learning dan Prestasi Belajar: Kajian Meta Analisis. Juni, 37(1), 110–129.

Merdinger, E., & al. (2005). Former Foster Youth Attending College Resilience and the Transition to Young Adulthood.

Nurfiani, H. (2015). Survei Kemampuan Self-Regulated Learning Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Kalasan. E-Journal Bimbingan Dan Konseling, 11(4), 1–118. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/fipbk/article/view/291/265

Pintrich, P. R., & Groot, E. V. De. (1990). Motivational and self-regulated learning components of classroom. Journal of Educational Psychology, 82(1), 33–40.

Riduwan. (2015). Dasar-Dasar Statistika. Alfabeta.

Sari, S., Yusri, & Said, A. (2017). Kontrol Diri Siswa dalam Belajar dan Persepsi Siswa terhadap Upaya Guru BK untuk Meningkatkan Kontrol Diri. Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 2(1), 32–37.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif. Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif. Alfabeta.

Zimmerman, B. J. (1990). Self-Regulated Learning and Academic Achievement: An Overview. Educational Psychologist, 25(1), 3–17. https://doi.org/10.1207/s15326985ep2501_2

Published
2023-12-31
How to Cite
ShafriniaN., & FitrianaS. (2023). Analisis Self Regulated Learning Strategies Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 11 Semarang. Guidance : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 20(02), 265-275. https://doi.org/10.34005/guidance.v20i02.3486