Pengembangan E-modul Bimbingan Pencegahan Narkoba bagi Siswa SMP Negeri 2 Kolaka

  • Fitriah Amini Universitas Negeri Makassar
Keywords: Narkoba, konseling, e modul, bimbingan

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui gambaran kebutuhan, menghasilkan prototipe, dan untuk mengetahui validitas dan kepratisan pengembangan e-modul bimbingan pencegahan narkoba. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Borg and Gall. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu observasi, wawancara dan angket yang terdiri dari angket validasi dan angket uji coba. Teknik analisis data yaitu analisis deskriptif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Gambaran kebutuhan terhadap E-modul bimbingan pencegahan narkoba bagi siswa SMP Negeri 2 Kolaka sangat dibutuhkan dan perlu mengembangkan e-modul bimbingan pencegahan narkoba ini, baik bagi guru bimbingan dan konseling maupun siswa. 2) Prototipe E-modul bimbingan pencegahan narkoba ini terdiri dari 6 topik yaitu definisi narkoba, Jenis-jenis narkoba, Penyalahgunaan narkoba, faktor-faktor penyebab perilaku penyalahgunaan narkoba, bahaya penyalahgunaan narkoba, masuknya narkoba di kalangan remaja, solusi atas penyalahgunaan narkoba. Langkah pendesainan produk yang berbentuk E-modul pencegahan narkoba ini dibuat menggunakan aplikasi Canva, yang dimulai dengan desain cover modul, membuat tema dan warna pada tiap lembar modul, kemudian masuk pada halaman awal kata pengantar, daftar isi, pokok pembahasan, masuk pada materi, materi yang dideskripsikan akan divisualisasi dengan gambar yang dibuat dengan menggunakan aplikasi canva. 3) Validitas media e-modul bimbingan pencegahan narkoba bagi siswa SMP Negeri 2 Kolaka telah dinyatakan valid untuk dapat digunakan dalam pemberian layanan informasi bagi siswa SMP Negeri 2 Kolaka berdasarkan uji kegunaan, kelayakan, dan ketepatan. Kepraktisan media e-modul bimbingan pencegahan narkoba bagi siswa SMP Negeri 2 Kolaka telah dinyatakan praktis untuk dapat digunakan dalam pemberian layanan bimbingan dan konseling

References

Abdi, S., & Mayra, Z. (2018). Bimbingan konseling berbasis nilai-nilai islami untuk pecandu narkoba (NAPZA). Jurnal Suloh, 3(1).

Andriani, R. (2019). Pengembangan Elektronik Modul (E-Modul) Berbasis Kearifan Lokal Untuk Pembelajaran Kelompok Di Taman Kanak-Kanak Kota Jambi. Jurnal Pengembangan Elektronik Modul (E-Modul) Berbasis Kearifan Lokal Untuk Pembelajaran Kelompok Di Taman Kanak-Kanak Kota Jambi.

Hariyanto, B. P. (2018). Pencegahan dan Pemberantasan peredaran narkoba di Indonesia. Jurnal Daulat Hukum, 1(1).

Elvarita, A., Iriani, T., & Handoyo, S. S. (2020). Pengembangan bahan ajar mekanika tanah berbasis e-modul pada program studi pendidikan teknik bangunan, universitas negeri jakarta. Jurnal Pensil: Pendidikan Teknik Sipil, 9(1), 1-7.

Kibtyah Pendekatan Bimbingan dan Konseling, M., i& Kibtyah, M. (2015). Pendekatan Bimbingan Dan Konseling Bagi Korban Pengguna Narkoba (Vol. 35, Issue 1). Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang. Januari Juni, 6(1), 2021.

Maudy, O., Amanda, P., Humaedi, S., & Santoso, M. B. i(2017). Penyalahgunaan Narkoba Di Kalangan Remaja (Adolescent Substance Abuse) (Vol. 4, Issue 2).

Mega Putri, R. (2013). Ikatan Konselor Indonesia (IKI) Pengembangan Modul Bimbingan dan Konseling untuk Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba di Sekolah IICE-Multikarya Kons (Padang-Indonesia) dan IKI-Ikatan Konselor Indonesia-All Rights Reserved Indonesian Institute for Counseling and Education (IICE) Multikarya Kons. 1(2), 121–135.

Oktavia, E., & Rahayu, P. (n.d.). Program Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) dalam Implementasi Manajemen Kurikulum Anti Narkoba di SMP Negeri 3 Surabaya.

Purwoko, B. (2022). Pengembangan Media Video Interaktif Topik Pencegahan Narkoba Untuk Layanan Bimbingan Klasikal Di Smpn 17 Surabaya. Ejournal.Unesa.Ac.Id, 12(4), 1051–1064.

Siregar, Y., & Erma, Z. (n.d.). Jurnal PKM Journal Liaison Academia and Society (J-LAS) Sosialisasi Penanggulangan Penyalahgunaan Narkotika pada Remaja di SMA Perguruan Kebangsaan Medan Socialization of Combating Narcotics Abuse in Teenagers at the Medan National College Senior High School.

Tegeh, I. M., Jampel, I. N., Pudjawan, K. (2014). Model Penelitian Pengembangan.

Verawati,. Harapan E., & Fitria H. (2021). Pengembangan Modul Anti Narkoba. Jurnal Manajemen. Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan. 6(1).

Wulandari, F., Yogica, R., & Darussyamsu, R. (2021). Analisis Manfaat Penggunaan E-Modul.

Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19. Khazanah Pendidikan, 15(2), 139. i

Wulandari. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Discovery Learning pada Materi Zat Aditif dan Zat Adiktif untuk Siswa Kelas VIII SMP/MTs (Doctoral dissertation, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Published
2023-12-31
How to Cite
AminiF. (2023). Pengembangan E-modul Bimbingan Pencegahan Narkoba bagi Siswa SMP Negeri 2 Kolaka. Guidance : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 20(02), 224-240. https://doi.org/10.34005/guidance.v20i02.3488